Kepala Desa Pangkalan Nyirih Membuka Secara Resmi Kegiatan Pos Siskaling Desa

Bengkalis – jurnalpolisi.id

Tepat pada hari Sabtu, 26/10 Malam Minggu di Dusun II, Pemerintah Desa Pangkalan Nyirih melaksanakan kegiatan Pembukaan Pos Kamling di Dusun II tepatnya di Pos SATKAMLING yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa, Sekdes, Pimpinan BPD, Bhabinkamtibmas, Kadus, RT/RW, Tokoh Masyarakat, dan Lembaga Desa.

Sebagai pembuka acara, Sekdes (Fengki Novendri, S.Sos) memimpin jalannya kegiatan. Beliau menyampaikan jadwal kegiatan yang sudah disampaikan oleh Kepala Dusun II baik itu melalui WhatsApp maupun pengumuman secara resmi di tempat-tempat usaha. Kemudian Sekdes memberi kesempatan kepada Bhabinkamtibmas untuk memberikan pengarahan mewakili Anggota Polsek Rupat dan Kepala Desa untuk sekaligus membuka kegiatan ini.

Pengarahan Bhabinkamtibmas (Aiptu Bambang Haryanto) menyampaikan bahwa dari Pihak Polres Bengkalis melalui Kasat Binmas sangat mendukung kegiatan penjagaan keamanan desa. Tujuan siskamling bukan hanya sekadar menjaga keamanan saja, karena desa kita merupakan tempat inap persinggahan, tetapi juga untuk mendeteksi permasalahan yang ada, agar kita dijadikan wadah bagi orang sebagai pertolongan pertama dalam terjadinya permasalahan serta dapat saling mempererat silaturahmi.

Oleh karena itu, kita berharap kegiatan ini jangan hanya sekadar menjaga di pos saja, tetapi petugas harus memantau tempat-tempat yang dianggap rawan dengan sistem rolling bergantian serta berkoordinasi. Kami juga berharap kegiatan ini agar tetap terus berjalan.

Dilanjutkan sambutan Kades (Mursalin S.Pd.I) bahwa kegiatan penjagaan sebelumnya telah disepakati bersama oleh masyarakat untuk dilaksanakan dengan sistem bergantian dari rumah ke rumah. Oleh karena itu, malam ini kita laksanakan kegiatan ini sebaik mungkin sebagai uji coba selama 1 bulan ke depan serta dapat menjaga kekompakan untuk saling berkoordinasi antar anggota serta mengikuti arahan-arahan yang ada sebagai rasa tanggung jawab dalam amanah kerja sesuai jumlah 5 dusun yang ada.

Jika ada teknis atau kekurangan di lapangan, akan kita evaluasi bersama, karena jangan sampai setelah ada kejadian baru diadakan keamanan agar tidak terjadi salah penanganan. Kemudian FKPM dan Linmas dalam menjalankan tugasnya agar bisa memberi contoh yang baik kepada masyarakat. Karena masyarakat membutuhkan keamanan dalam lingkungan agar dapat mengurangi kerusuhan/kejahatan. Semoga keamanan dan ketertiban terlaksana dengan sebaik-baiknya.

Ia juga berharap agar wilayah dusun lainnya segera memusyawarahkan kepada masyarakat agar sama-sama di setiap wilayah dapat terbentuk upaya menjaga keamanan kampung kita agar tentram dan nyaman, sesuai tugas Satlinmas yang dibentuk untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, khususnya dalam situasi darurat, bencana, atau acara-acara tertentu. Satlinmas terdiri dari relawan yang dilatih untuk menjalankan tugas-tugas seperti pengamanan, evakuasi, dan bantuan kepada masyarakat.

Siskamling bertugas untuk melakukan patroli di sekitar lingkungan tempat tinggal, melaporkan aktivitas mencurigakan, dan menjaga komunikasi dengan pihak kepolisian. Tujuannya adalah untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat serta mencegah tindakan kriminal. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan solidaritas dan kerjasama antarwarga.

Terakhir, sebelum ditutup dengan mengucapkan Bismillah, Pos SISKAMLING Desa Pangkalan Nyirih di Dusun II secara resmi dibuka dengan simbol pemukulan kentungan.

Di akhir acara, dilanjutkan sesi foto dan makan bersama.

Asmadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *