Personel Operasi Mantap Praja di Sulut Tingkatkan Mental dan Kohesivitas Jelang Pilkada 2024

Sulut – jurnalpolisi.id

Dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak 2024, Tim Biro Psikologi SSDM Polri memberikan dukungan psikologi kepada personel Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan jajaran yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, mulai Rabu hingga Kamis (24/10/2024), bertempat di salah satu hotel di Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Biro SDM Kombes Pol Slamet Waloya, menekankan pentingnya kegiatan pendampingan psikologi ini sebagai bentuk dukungan terhadap tugas berat Polri ke depan.

“Kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis personel sangat krusial dalam memastikan keberhasilan pengamanan Pilkada. Kegiatan ini akan membantu mereka mengelola stres dan membangun kekompakan di antara rekan-rekan yang bertugas,” ungkap Waloya.

Pendampingan ini tidak hanya berfokus pada pengelolaan stres, tetapi juga bertujuan untuk memperkuat kohesivitas dan menciptakan sistem dukungan yang positif di antara personel. Dengan demikian, diharapkan tercipta sinergi dan kerja sama yang optimal selama Operasi Mantap Praja.

Ketua Tim Biro Psikologi SSDM Polri, Brigjen Pol Eka Satria Bhakti, mengungkapkan bahwa Polda Sulut merupakan salah satu dari 10 polda di Indonesia yang dipilih untuk mengikuti program pendampingan ini.

“Kegiatan ini sangat relevan untuk mempersiapkan personel dalam menghadapi tantangan dan tekanan saat bertugas di lapangan. Melalui beberapa permainan dan aktivitas outbond, kami berharap mereka dapat belajar tentang kerja sama tim dan kepemimpinan,” jelas Brigjen Eka.

Program ini juga dirancang untuk memberikan pengalaman healing kepada anggota agar mereka lebih siap menghadapi tekanan dan beban kerja selama Operasi Mantap Praja. Melalui permainan yang menyenangkan, personel diharapkan dapat mengelola stres dengan lebih baik dan menjalani tugas dengan semangat yang baru.

Pada hari pertama, sebanyak 103 personel gabungan dari Ditsamapta Polda Sulut dan Polres Tomohon mengikuti kegiatan ini, sedangkan hari kedua diikuti oleh 103 personel dari Satbrimob dan Ditpolairud Polda Sulut.

“Dengan mental yang kuat dan keterampilan yang ditingkatkan, kami yakin personel Polri di Sulut siap menghadapi tantangan dan mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2024,” tutup Kombes Slamet Waloya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *