Imigrasi Cilacap gelar In House Training, Tingkatkan Kualitas SDM
Oktober 24, 2024
Cilacap – jurnalpolisi.id
Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Cilacap mengadakan kegiatan In House Trining pelayanan prima bagi seluruh pegawai Kantor Imigrasi Cilacap, di Aula Wijayakusuma Kantor Imigrasi Cilacap, Rabu (23/10). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Imigrasi Cilacap ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan publik melalui budaya pelayanan prima.
Kegiatan ini bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cilacap sebagai pemateri. Pelatihan yang dimulai pukul 15.00 WIB, ditempat terpisah Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Hasanin menyampaikan apresiasinya terhadap BRI sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dan diharapkan best practice pelayanan BRI dapat diadaptasi oleh Kantor Imigrasi Cilacap.
“Dengan adanya kegiatan ini kami harap pelatihan service excellent ini dapat diadaptasi oleh seluruh pegawai Kantor Imigrasi Cilacap saat melakukan pelayanan keimigrasian sehingga masyarakat merasa nyaman saat dilayani di Kantor Imigrasi Cilacap”, ujar Hasanin
Sebagai pemateri Kantor BRI Cilacap diwakili oleh Unggul Satrio, Arif Wibowo Relationship Manager serta Natasja Carmelita Priority Banking Officer Bank BRI Cilacap. Unggul Satrio menyampaikan materi secara interaktif bersama sejumlah pegawai Kantor Imigrasi Cilacap. Beberapa hal yang ditekankan dalam training ini adalah dalam memberikan pelayanan harus dilakukan secara mudah, akurat, dan cepat. Selain itu untuk mewujudkan layanan prima, petugas layanan harus memiliki kompetensi, energi yang aktif dan ceria, pengetahuan yang baik dalam memberikan pelayanan.
Kemudian sikap sopan santun dengan salam/sapa yang baik, kemampuan komunikasi yang baik dengan 3V (Verbal, Vokal, Visual), serta penampilan yang rapi, santun dan bersih. Petugas layanan juga harus tanggap dalam mendengarkan keluhan, mampu berempati, dapat mengidentifikasi masalah, menyelesaikan masalah dan me
lakukan tindakan preventif sehingga tidak terjadi lagi keluhan tersebut.
Kegiatan akhirnya ditutup dengan sesi tanya jawab serta oleh pegawai Kantor Imigrasi Cilacap kepada pemateri. Kegiatan in house training ini diharapkan akan meningkatkan kualitas pelayanan publik Kantor Imigrasi Cilacap dan dapat memenuhi keinginan masyarakat. Dengan service excellent kepada pemohon jasa keimigrasian diharapkan pemohon merasa terlayani dengan baik dan merasa puas terhadap pelayanan.
( Arif JPN )