UMKM JAWARA Manukan Lor 2 Surabaya Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Sekitar

Surabaya – jurnalpolisi.id

Usaha kuliner di kawasan Manukan Lor Gang 2 RT 01 RW 01, Kecamatan Tandes, Kelurahan banjar Sugihan, kota Surabaya, semakin menjadi daya tarik bagi pecinta kuliner lokal. Berbagai jenis makanan khas Jawa Timur hingga camilan kekinian dijajakan oleh warga setempat.

Dalam beberapa bulan terakhir, warga Manukan Lor Surabaya mulai mengembangkan usaha kuliner rumahan, yang awalnya hanya berupa usaha kecil-kecilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun, berkat inovasi serta semangat dan dukungan warga dalam mengembangkan menu yang bervariatif, usaha kuliner di daerah ini kini semakin dikenal oleh masyarakat luar.

“Saya mulai usaha jualan nasi pecel tumpang mbak putri ,Indomie goreng dan indomie kuah sekitar lima bulan lalu. Awalnya hanya untuk tetangga sekitar, tapi sekarang banyak pelanggan yang datang dari luar daerah yg mampir ke UMKM tersebut,”Ujar mas ilham, salah satu pedagang yang telah menekuni usaha kuliner.

Tidak hanya nasi pecel, usaha kuliner di Gang 2 ini juga menawarkan berbagai hidangan lain seperti bakso,soto ayam, berbagai aneka penyetan,mie ayam,lontong mie dll.

Para pelaku usaha kuliner di sini juga terus berinovasi dengan mengikuti tren makanan yang sedang populer di kalangan anak muda.

Keberhasilan usaha kuliner di Manukan Lor tidak lepas dari dukungan lingkungan sekitar termasuk Arief selaku Ketua RT 01 dan Lukas Prastowo selaku Ketua RW 01 mengatakan bahwa semangat gotong royong dan dukungan dari warga sekitar sangat membantu dalam mengembangkan usaha ini. “Warga saling membantu satu sama lain. Jika ada yang butuh modal atau bantuan untuk membuka usaha, kami di lingkungan selalu berusaha mendukung. Ini yang membuat usaha kuliner di sini terus berkembang.

Pemerintah setempat juga mulai memberikan perhatian khusus terhadap usaha kuliner warga di Manukan Lor kota Surabaya melalui program pemberdayaan masyarakat hingga warga diberi pelatihan tentang manajemen usaha, higienitas makanan, hingga strategi pemasaran online untuk memperluas jangkauan pelanggan.

“Sekarang, banyak pedagang di sini yang sudah mulai memanfaatkan media sosial untuk memasarkan dagangannya. Ini sangat membantu meningkatkan pendapatan mereka,” kata salah satu pengusaha kuliner di kawasan tersebut.

Dengan terus berkembangnya usaha kuliner di Manukan Lor Surabaya, masyarakat berharap dapat terus meningkatkan kualitas layanan dan variasi produk yang mereka tawarkan. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian warga serta menjadikan Manukan Lor kota Surabaya sebagai destinasi kuliner unggulan di Kecamatan Tandes Kelurahan banjar sugihan. (Sinyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *