Kapolres Kuansing Pimpin Peninjauan TPS 02 Perbatasan Desa Sungai Besar Hilir dan Desa Pesajian, Pastikan Keamanan Pilkada 2024

KUANTANSINGINGI,- jurnalpolisi.id

Kapolres Kuantan Singingi, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., pimpin peninjauan dan pengecekan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02 yang berada di perbatasan Desa Sungai Besar Hilir, Kecamatan Pucuk Rantau, Kabupaten Kuansing, dengan TPS 02 Desa Pesajian, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Pada hari Minggu (13/10/2024), pukul 09.00 WIB, bertempat di Desa Sungai Besar Hilir, Kecamatan Pucuk Rantau, Kabupaten Kuansing,

Peninjauan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan dan keamanan TPS 02 yang terletak di wilayah perbatasan antar kabupaten menjelang Pilkada Serentak 2024, serta memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga keamanan dan kondusivitas selama masa pemungutan suara.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua KPU Kabupaten Kuansing, Wawan Ardi, S.Psi., Kabag Ops Polres Kuansing, Kompol Teguh Wiyono, S.H., M.H., Kasat Reskrim Polres Kuansing, AKP Shilton, S.I.K., M.H., Kasat Intelkam Polres Kuansing, AKP Syurfanaidi, S.H., Kasat Lantas Polres Kuansing, AKP Boy Setiawan, S.AP., M.Si., Kasat Binmas Polres Kuansing, AKP H. Yuhelmi, Kapolsek Kuantan Mudik, AKP Hendra Setiawan, S.H., Kapolsek Singingi, AKP Linter Sihaloho, S.H., M.H., KBO Sat Lantas Polres Kuansing, IPTU Bambang Saputra, Kanit I Sat Reskrim Polres Kuansing, IPDA Geraldo Ivanco Padelaki, S.Tr.k., Kanit Patroli Sat Lantas Polres Kuansing, IPDA Arie Praramadhana, S.Tr.k., Komisioner KPU Kabupaten Kuansing, Yose Rizal, S.Sos., Komisioner KPU, Oki Heriyanto, S.Sos., M.IP., PS Kanit I Sat Intelkam Polres Kuansing, BRIPKA Al Pendra, Perwakilan PPK Kecamatan Pucuk Rantau dan PPS Desa Sungai Besar Hilir.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dengan keberangkatan tim dari Kantor KPU Kabupaten Kuansing menuju ke Kantor Camat Pucuk Rantau. Setelah tiba di kantor camat pada pukul 11.40 WIB, tim melanjutkan perjalanan ke lokasi TPS 02 di Desa Sungai Besar Hilir, Kecamatan Pucuk Rantau, dan tiba di lokasi sekitar pukul 13.10 WIB. Setibanya di TPS 02, tim KPU Kabupaten Kuansing dan Polres Kuansing memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait prosedur pemungutan suara dan pentingnya menjaga ketertiban selama Pilkada.

Ketua KPU Kabupaten Kuansing, Wawan Ardi, S.Psi, menyampaikan beberapa poin penting yakni Mengingat lokasi TPS 02 Desa Sungai Besar Hilir berbatasan langsung dengan TPS 02 Desa Pesajian, Kecamatan Batang Peranap, masyarakat diimbau untuk berhati-hati dalam mencoblos agar tidak salah memilih saat hari pencoblosan.

Kesadaran masyarakat untuk tidak salah mencoblos sangat penting dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif selama masa pemungutan suara, Masyarakat juga diimbau untuk tidak golput dan memanfaatkan hak pilih mereka pada Pilkada Serentak ini, Mengingat jarak TPS yang cukup jauh, KPU Kuansing mengimbau para pemilih untuk datang lebih awal di hari pencoblosan guna memperlancar proses pemungutan suara.

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., mengimbau kepada masyarakat Desa Sungai Besar Hilir agar menggunakan hak pilih mereka dengan bijak, karena pilihan ini akan menentukan masa depan Kabupaten Kuansing, “Polres Kuansing berkomitmen untuk melakukan patroli rutin di daerah tersebut guna memastikan proses pemilihan berjalan lancar hingga selesai, Polres Kuansing siap mengamankan setiap tahapan Pilkada 2024 untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Kuansing,” ujar Kapolres.

Setelah penyampaian sosialisasi, tim melanjutkan pengecekan dan peninjauan terhadap TPS 02 yang berbatasan langsung dengan Desa Pesajian, Kecamatan Batang Peranap, Kabupaten Inhu. Kapolres Kuansing dan KPU Kabupaten Kuansing juga melakukan pemasangan spanduk sosialisasi di lokasi TPS.

“Kegiatan peninjauan ini selesai pada pukul 14.30 WIB, dan selama pelaksanaan kegiatan, situasi berlangsung dalam keadaan aman terkendali. Peninjauan ini merupakan bagian dari upaya Polres Kuansing dan KPU Kuansing untuk memastikan kesiapan masyarakat dan menjaga keamanan selama Pilkada Serentak 2024,” tandas Kapolres.

Sumber: Humas Polres Kuansing
Editor. Kabiro Tina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *