Desa Talang Lindung Luncurkan Bank Sampah Lindung Berseri, Solusi Cerdas untuk Lingkungan yang Lebih Bersih

Sungaipenuh- jurnalpolisi.id

Bank Sampah mulai tumbuh di beberapa desa di Kota Sungai Penuh. Ada Bank Sampah Sahabat Alam di Desa Koto Tinggi, Bank Sampah Batu Gong Desa Ulu Air, Bank Sampah SMA Negeri 1 dan Bank Sampah Lindung Berseri.

Louncing Bank Sampah Lindung Berseri dilaksanakan di Desa Talang Lindung, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh, dihadiri pengurus Bank Sampah Sahabat Alam, Kepala Desa, Ketua BPD dan Pengurus Bank Sampah Lindung Berseri, Minggu, (13/10/2024).

Sebelum pengguntingan pita tanda mulai beroperasi Bank Sampah Lindung Berseri, Kepala Desa Zulfajri mengajak masyarakat untuk menggalak budaya pilah sampah dari rumah.

“Pisahkan sampah organik, non organik dan sampah residu. Sampah organik bisa dibuat pupuk organik cair dan organik padat. Sampah non organik bisa dijual, sampah residu inilah yang dibuang ke TPA,” ujarnya.

Zulfajri juga mengucapkan terimakasih kepada pengurus Bank Sampah Sahabat Alam yang telah berbagi ilmu dan pengalaman cara pengolahan sampah yang benar.

Di sisi lain, Ketua BPD Rusved Riadi mengatakan, sampah merupakan problem bersama dan secara bersama pula bisa diatasi.
“BPD selalu mendukung setiap program. Semoga kehadiran Bank Sampah ini membawa hasil positif untuk masyarakat,” kata Rusved.

Sementara itu, Ketua Bank Sampah Sahabat Alam Yuli Emilia Rosa mengungkapkan, ini sebuah kebanggaan bagi relawan Bank Sampah Sahabat Alam karena mampu menumbuhkan semangat masyarakat untuk mendirikan Bank Sampah.

“Marilah kita ciptakan lingkungan bersih dan sehat. Sampah adalah tanggung jawab kita, dimulai dari rumah tangga,” jelas Ayu panggilan akrabnya.
(Budi.G)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *