Ngopi Bareng Kapolres Pesawaran Dengan Insan Media Dalam Memelihara Kondusivitas Pilkada 2024

Pesawaran – jurnalpolisi.id

Polres Pesawaran-Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan menciptakan suasana kondusif menjelang Pilkada 2024, Polres Pesawaran mengadakan kegiatan “Ngopi Bareng Insan Media Kabupaten Pesawaran” Acara ini berlangsung pada Jumat, 11 Oktober 2024 Sore, di Taman SOLID Polres Pesawaran, dan dihadiri oleh Kapolres Pesawaran, AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H., S.IK., M.M., beserta insan media dari berbagai organisasi pers di Kabupaten Pesawaran.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara pihak kepolisian dan media, sekaligus sebagai bagian dari Cooling System dalam rangka Operasi Mantap Praja 2024 serta upaya mitigasi isue isue yang berkembang di masa kampanye dan menjelang pencoblosan Pilkada serentak Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga stabilitas pemberitaan di berbagai media guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat selama tahapan Pilkada di Kabupaten Pesawaran.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni pejabat Utama Polres Pesawaran antara lain, Wakapolres Pesawaran, Kompol Sughandi Satria Nugraha, S.I.P., M.H., Kapolsek Gedong Tataan, Kompol Mulyadi Yakub, S.Pd., Kabag Ops Polres Pesawaran, AKP Edy Saputro, S.IK., M.H., Kasat Intelkam Polres Pesawaran, AKP Harminto, S.H., M.H., Ketua PWI Pesawaran, Ismail, dan perwakilan dari organisasi media lainnya seperti KO-WAPPI, IWO-I, AWPI, SMSI, KWRI, dan FPII serta sebanyak 65 (Enam Puluh Lima) insan Pers Pesawaran.

Dalam sambutannya, Kapolres Pesawaran AKBP Maya Henny Hitijahubessy, S.H., S.IK., M.M., menyampaikan rasa terimakadih atas kehadiran insan media dan semua pihak dalam kegiatan ini. Ia menekankan pentingnya sinergitas antara kepolisian dan media dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), terutama menjelang Pilkada 2024. Kapolres juga mengajak para media untuk berperan aktif dalam edukasi masyarakat, terutama dalam memilah berita yang akurat dan mendukung suasana damai selama proses pemilihan. Maya juga mengajak media untuk ikut memberitakan berita yang seimbang dan tidak bersifat provokatif.

Kapolres mengungkapkan bahwa pihaknya siap bekerjasama dengan media dalam menangani isu-isu yang mungkin viral di masyarakat, terutama yang terkait dengan Pilkada. “Kita harus solid menjaga kekompakan dan saling mendukung untuk mengawal Pilkada 2024 sampai selesai,” tambahnya.

Kapolres juga menegaskan bahwa Polres Pesawaran akan tetap netral dalam menangani setiap perkara terkait Pilkada dan mengajak media untuk tidak meragukan integritas dan netralitas kepolisian.

Kapolres menjelaskan bahwa kriminalitas dan peredaran narkotika di wilayah Pesawaran cenderung menurun selama masa Pilkada, berkat peran serta aktif dari media dan masyarakat. Mengenai pemetaan kerawanan wilayah saat Pilkada, ia menyebutkan bahwa ada beberapa titik rawan secara geografis, namun bukan karena aspek sosial, dan kesiapan Polres Pesawaran dalam pengamaman Pilkada Serentak adalah melaksanakan latihan-latihan fungsi tekhnis, Sispamkota dan membangun komunikadi dan koordinasi aktif dengan elemen elemen masyarakat. Polres Pesawaran juga menyiapkan 2/3 kekuatan untuk mengamankan TPS TPS, didukung juga back up Personel baik Ditsabhara maupun Satuan Brimob Polda Lampung.

Acara ini diakhiri dengan beberapa pesan penting dari Kapolres kepada insan media, salah satunya adalah pentingnya menjaga etika jurnalistik dalam menyampaikan berita. Kapolres berharap agar berita yang disampaikan kepada masyarakat dapat memberikan edukasi yang positif dan menenangkan, bukan justru memicu ketegangan atau konflik.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Damai oleh para jurnalis sebagai bentuk komitmen bersama untuk menjaga suasana amam, damai dan sejuk selama Pilkada 2024.

Kegiatan “Ngopi Bareng” ini juga mendapat tanggapan positif dari teman teman media dan berharap kegiatan seperti dapat menjadi kegiatan rutin untuk terus menjalin hubungan yang harmonis antara pihak kepolisian dan insan media.

Acara ini berlangsung dengan aman dan kondusif, Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan menjadi contoh bagi wilayah lain dalam menjaga keamanan dan ketertiban, khususnya menjelang Pilkada 2024.

Feri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *