Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Lapas Pekanbaru Gelar Razia Rutin

Pekanbaru, – jurnalpolisi.id

Sebagai upaya deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) dan wujud keseriusan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru dalam memberantas handphone, pungli, dan narkoba (halinar), jajaran Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) dan Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Lapas Pekanbaru melaksanakan razia dan penggeledahan kamar hunian warga binaan, Rabu (09/10).

Dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, Ismadi, kegiatan penggeledahan dan razia kamar hunian WBP dilakukan sebagai implementasi 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju. Selain itu penggeledahan ini merupakan salah satu perintah langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau untuk memberantas peredaran gelap narkoba baik di Lapas maupun Rutan.

“Kegiatan razia kali ini merupakan salah satu dari bagian tugas kita dalam hal mengantisipasi berbagai hal yang bisa mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban. Selain melakukan razia, kita juga tetap melakukan pemeriksaan ketat terhadap barang dan orang yang masuk melalui P2U,” ungkap Ismadi.

Sebelum pelaksanaan razia, Ismadi juga menyempatkan memberikan arahan terhadap warga binaan mengenai aturan-aturan yang ada di dalam Lapas serta mengajak kepada seluruh warga binaan untuk turut serta menjaga kemanan dan ketertiban lingkungan Lapas.

“Saya mengharapkan kepada teman-teman semua untuk selalu berpikiran positif baik itu kepada diri sendiri maupun kepada rekan kamar yang lain, karena dengan berpikiran positif itu dapat mengubah mindset kearah yang lebih baik serta menjadikan kehidupan jauh dari masalah,” sambung Ismadi.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Erwin Fransiskus Simangunsong, menjelaskan bahwa kegiatan razia dan penggeledahan kamar hunian warga binaan merupakan salah satu wujud penerapan 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju. Dimana kegiatan razia ini merupakan bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kewaspadaan, memberantas narkoba, serta langkah deteksi dini mencegah terjadinya gangguan keamaan dan ketertiban. Selain itu, Lapas Pekanbaru juga selalu membangun sinergitas kepada Aparat Penegak Hukum dan stakeholder terkait dalam mendukung program pembinaan dan keamanan Lapas Pekanbaru” ungkap Erwin.
Sumber. Lapas Pekanbaru
Editor. Kabiro Tina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *