MAPSI, Ajang Kompetisi dan Kreativitas Seni Islam Siswa SMP Banyumas

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas bersama Kementrian Agama dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Pelajaran Agama Islam (MGMP PAI) SMP Kabupaten Banyumas menggelar Lomba MAPSI (Mata Pelajaran dan Seni Islami) Senin-Selasa 7-8 Oktober 2024 di kompleks kantor Dindik. Kegiatan digelar sebagai upaya untuk mengeliminasi dampak dari dinamika zaman yang dihadapi para siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Joko Wiyono mengatakan bahwa sekarang ini era teknosfer, maka dengan kegiatan ini paling tidak psikomotirk, afektif dan kognitif mereka bergerak, sehingga ini upaya untuk memberikan suatu support, bagaimana menghadapi dinamika zaman. Joko menambahkan setelah lomba Mapsi SMP tingkat kabupaten, Banyumas juga akan mempersiapkan diri menjadi tuan rumah lomba Mapsi SMP tingkat Jawa Tengah.

“Meskipun kami telah beberapa kali menjadi tuan rumah lomba tingkat Jateng, untuk lomba MAPSI ini, kami telah menyiapkan konsep secara matang, mulai dari anggaran maupun konsep kegiatan agar berbeda dengan daerah lain sehingga memiliki nuansa yang berbeda pula,” tegasnya.

Dengan kesiapan tersebut ia berharap semua kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya dapat berjalan lancar.

“Kami telah mengomunikasikan dengan Kabid SMP untuk mempersiapkan semua agar kita dapat menjadi tuan rumah yang baik, peserta yang baik, sekaligus meraih prestasi yang baik. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan pertengahan Oktober tahun depan,” katanya

Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Pelajaran Agama Islam (MGMP PAI) SMP Kabupaten Banyumas Durotun Nasikhin mengatakan bahwa lomba Mapsi SMP tingkat Kabupaten Banyumas merupakan ajang kompetisi dan kreativitas seni Islam siswa SMP. Kegiatan diikuti oleh 1.145 peserta dengan tujuh cabang mata lomba

“Lomba tersebut antara lain tilawah, tartil, tahfid atau hafalan, pidato, kaligrafi, lomba cerdas cermat islami dan rebana atau hadroh. Kegiatan ini akan berlansung selama dua hari, mulai Senin-Selasa (7-8/10/2024),” jelasnya.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *