Police Goes To School, Kapolsek Tambak Polresta Banyumas Sampaikan Bahaya Napza

Banyumas-jurnalpolisi.id

Kapolsek Tambak Polresta Banyumas AKP Wasdi, S.H., melaksanakan kegiatan Police Goes To School dengan menjadi Pembina Upacara di SMA Muhammadiyah Tambak, Senin (7/10/24).

Police Goes to School merupakan sebuah program gagasan Polri untuk memberikan kegiatan pendidikan di sekolah oleh anggota Polri melalui metode sosialisasi, ceramah, seminar, pembina upacara dan metode lainnya, disamping itu Police Goes to School dilaksanakan sebagai upaya memupuk kedekatan dengan masyarakat khususnya para pelajar.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Ahmad Sahid, S.Pdi. Kepala SMA Muhammadiyah Tambak dan Dewan Guru, Mahasiswa UMP Purwokerto dalam rangka magang dan diikuti oleh 214 orang siswa dan siswi SMA Muhammadiyah Tambak.

Dalam kesempatan tersebut Kapolsek Tambak membacakan amanat dari Bapak Kapolresta Banyumas Kombes Pol Dr. Ari Wibowo, S.I.K., M.H. tentang kamtibmas dilingkungan sekolah serta memberikan pembinaan dan menyampaikan tentang “Bahaya Penyalahgunaan NAPZA di Kalangan Remaja”.

NAPZA merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya baik zat alami atau sintetis. NAPZA dibagi menjadi tiga jenis, yaitu narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya.

Narkoba adalah narkotika dan obat obatan yang bersifat adiktif serta dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental pada penggunanya jika disalahgunakan.

“Jika disalahgunakan, bukan hanya kecanduan, nyawa dari penggunanya pun dapat terancam”, ujar AKP Wasdi.

Bahaya dan dampak negatif Narkoba antara lain melemahkan sistem imun, rentan terkena AIDS, gagal kantung, hangguan liver, gangguan pada otak, gangguan sistem pencernaan, gangguan kognitif dan depresi.

“Untuk menghindari penyalahgunaan Narkoba, ada beberapa kiat yang disarankan sebagai berikut hindari rasa penasaran untuk mencoba, ketahui dampak buruk pemakaian narkoba untuk kesehatan fisik dan mental, lakukan kegiatan positif seperti olahraga atau bergabung dengan organisasi tertentu, hindari pergaulan malam”, imbuhnya.

( Arif JPN ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *