Pj Bupati Banyumas Iwanuddin Buka TMMD Sengkuyung di Desa Pandak Sumpiuh

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Iwanuddin Iskandar didampingi oleh Forkopimda membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap IV di Desa Pandak, Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas Rabu (2/9/2024). Kegiatan yang diprakarsai oleh Kodim 0701 Banyumas ini akan membangun rabat beton, talud, RTLH, jamban serta melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan.

PJ Bupati Banyumas, Iwanuddin Iskandar, mengatakan bahwa TMMD merupakan salah satu upaya nyata dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di tingkat desa. Melalui TMMD, tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tetapi juga membangun sumber daya manusia yang berkualitas.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Banyumas melalui berbagai program, seperti perbaikan infrastruktur jalan, pembangunan sarana kesehatan serta perbaikan rumah tidak layak huni,” katanya

Pj Bupati Iwanuddin menekankan pentingnya gotong royong dalam membangun desa. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung keberhasilan program TMMD ini.

“Kita ingin masyarakat Banyumas hidup sehat, sejahtera, dan bebas dari kemiskinan. Saya memastikan kondisi daerah-daerah, kecamatan-kecamatan harus diperhatikan untuk kesejahteraan untuk kita tingkatkan, kesehatan kita optimalkan serta kemiskinan kita intervensi. Yang paling penting kita harus selalu damai dan sejahtera,” tegasnya.

Iwanuddin berharap TMMD dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Menyinghung kegiatan Pilkada, Iwanuddin mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan.

Sementara Komandan Kodim 0701 Banyumas Letkol Arm Ida Bagus Adi Purnama, S.T. M.Han mengatakan kegiatan TMMD kali ini mengusung tema “Darma Bhakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Kegiatan melibatkan ratusan personil yang terdiri dari TNI 40 orang, Polri 10 orang, Pemda 5 orang, Perangkat Desa (Pemdes) 5 orang, Teknisi 2 orang, tenaga medis 2 orang dan masyarakat 60 orang.

“Pembangunan TMMD kali ini memiliki sasaran pokok berupa pembangunan jalan rabat beton panjang 690 meter x lebar 2,5 s.d 3 meter x tinggi 0,15 meter, dengan sasaran tambahan pembangunan talud di 3 titik dengan panjang 100 meter x lebar 0,30 meter x tinggi 1,2 meter, pembangunan RTLH 2 Unit masing-masing 1 unit dari Baznas Kabupaten Banyumas dan 1 unit dari BPR BKK Purwokerto, serta pembangunan jamban keluarga 1 unit dari komunitas mobar,” katanya.

Usai pembukaan Pj Bupati bersama Forkompimda dan undangan lain melakukan peninjauan Bazar Pasar Murah, penyerahan bantuan RTLH dan paket sembako gratis, kegiatan Panen raya dan pelayanan kesehatan gratis.

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *