DLH Kota Malang Lakukan Kerja Bakti Massal di World Clean Up Day 2024

KET FOTO: Kegiatan apel sebelum acara kerja bakti massal di hari World Clean Up Day 2024

Malang- jurnalpolisi.id

Dalam rangka mensukseskan gerakan kampanye pengelolaan sampah dan juga sebagai bagian dari pelaksanaan “World Clean Up Day 2024″ berupa bersih- bersih sampah yang mengusung tema ” Kami 13 juta relawan bebersih untuk memberi ruang kehidupan (make room for life).

Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang melaksanakan bersih-bersih di kawasan taman merjosari dalam acara “Kerja Bakti Masal” yang diikuti oleh Camat, Lurah, serta unsur TNI dan Linmas setempat diikuti pula oleh para peserta dari unsur masyarakat.

Hal ini dilaksanakan pada Selasa, tanggal (2/10/2024), diawali dengan apel pasukan dipimpin langsung oleh Pj Walikota Malang Iwan Kurniawan yang diwakili oleh Kepala Dinas DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya yang bertindak sebagai pembina upacara.

Rahman sebagai pembina apel menggantikan Pj Waikota Malang memberikan arahan kepada peserta kerja bakti massal dalam acara world clean up day mengatakan bahwa ini adalah sebuah gerakan Global di seluruh Dunia.

” Ini adalah sebuah gerakan Global diseluruh dunia dalam rangka kepedulian dunia akan kebersihan lingkungan terutama sampah, dan hal tersebut perlu adanya tindakan nyata, sampah yang terus menumpuk maka akan menjadi bom waktu yang akan membahayakan kelangsungan hidup manusia,” ucapnya (2/10/2024).

Selanjutnya Rahman menambahkan bahwa di Kota Malang ada 778 ton sampah setiap harinya, ini adalah peran pemerintah Kota Malang harus terjun langsung dalam menangani persoalan sampah tersebut.

“Maka dari itu peran serta nyata dalam menanganinya adalah dengan penambahan atau revitalisasi TPS (Tempat Penampungan sementara) yang rencana ada 7 titik akan dibangun,” katanya.

Lebih lanjut Kadis DLH Kota Malang menyampaikan bahwa proaktif atau peran serta masyarakat haruslah di galakkan dalam kepedulian terhadap sampah.

” Melalui DLH ini adalah pemicu aspek masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan di masing-masing wilayah, kita akan mengedukasi terhadap masyarakat di semua element masyarakat sehingga semua element bisa bergerak dalam menangani sampah dengan bijak. selain bijak dalam penggunaan sampah yang tidak perlu (atau bahan kebutuhan yang mengandung sampah harus dikurangi), dan acara ini tidak berhenti di sini saja namun kita akan teruskan dari hal kecil yakni penggunaan sampah plastik dengan bijak karnanya maka kebersihan akan tetep terjaga. Ini semua adalah bentuk investasi alam yang sehat bagi anak cucu kita,” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan penyerahkan peralatan kerja bakti secara simbolis kepada perwakilan Lurah, Camat Lowokwaru dan peserta lainnya

Dilanjutkan dengan peresmian rencana revitalisasi serta pembangunan TPS3R di 7 titik Kelurahan Mojosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang dengan menggunakan anggaran tahun 2023 “Merjosari Berseri” adapun TPS3R tersebut berada di Lokasi no 164 jalan Tirto Joyo Merjosari Kota Malang Jawa Timur melalui dana (DAK TPS3 R 2023). (dwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *