Kapolres Purbalingga Irup Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten

Purbalingga – jurnalpolisi.id

Polda Jateng Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto menjadi inspektur upacara (Irup) Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 tingkat kabupaten di Pendopo Dipokusumo, Selasa (1/10/2024).

Upacara dihadiri oleh unsur Forkopimda Purbalingga, TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan siswa. Petugas upacara merupakan personel dari Polres Purbalingga.

Tema upacara yaitu “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”. Hal tersebut mencerminkan semangat persatuan dan tekad untuk mencapai cita-cita besar bangsa Indonesia, yaitu mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto usai upacara menyampaikan tentang pentingnya mengobarkan semangat Pancasila di seluruh lapisan masyarakat Purbalingga.

Menurut Kapolres, esensi dari Hari Kesaktian Pancasila artinya kita berani untuk mengobarkan semangat kesaktian Pancasila di seluruh wilayah Kabupaten Purbalingga. Selain itu, yakin dengan nilai-nilai Pancasila, Indonesia kedepannya akan semakin maju dalam menuju Indonesia emas.

“Nilai-nilai seperti ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, keadilan sosial harus terus dihargai dan dipertahankan oleh masyarakat,” ujarnya.

Kapolres juga menyinggung ancaman ideologi komunis yang tidak mengakui Pancasila sebagai dasar negara. Sehingga, Pancasila perlu terus digelorakan di setiap lapisan masyarakat untuk menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

“Itu adalah ideologi yang saat ini kita perangi, yang saat ini kita antisipasi, sehingga kita butuh menggelorakan Pancasila ini diseluruh lapisan masyarakat,” tambahnya.

Upacara diisi dengan pembacaan teks Pancasila oleh Kapolres Purbalingga, AKBP Rosyid Hartanto. Selanjutnya pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Purbalingga, Suroto. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Purbalingga, Pandi, membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila.

( Ansor JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *