Satgas Preemtif Polres Kuansing Laksanakan Cooling System Pilkada 2024 Damai, Pastikan Kamtibmas Aman dan Kondusif

TELUKKUANTAN,- jurnalpolisi.id

Dalam rangka Operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2024, Polres Kuantan Singingi melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) menggelar kegiatan Cooling System guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman, damai, dan kondusif selama tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu (28/9/2024), pukul 09.00 WIB hingga selesai, di wilayah hukum Polres Kuansing.

Dalam kegiatan tersebut, hadir sejumlah pejabat Polres Kuansing, di antaranya Kasat Binmas Polres Kuansing, AKP H. Yuhelmi, Ps. Kanit Bintibsos Polres Kuansing, Aiptu Kurniawan, Ps. Kaurmintu, Bripka Zulkifli, dan Banit Satbinmas, Bripda Yogi. Para personel Polres Kuansing ini berperan aktif dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada 2024 serta menyampaikan sejumlah imbauan penting guna menjaga situasi yang kondusif.

Kapolres Kuantan Singingi AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K., M.H., melalui Kasat Binmas Polres Kuansing, AKP H. Yuhelmi, dalam kesempatan tersebut, menyampaikan beberapa poin penting kepada masyarakat untuk menyukseskan tahapan Pilkada 2024. Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kuansing untuk turut berpartisipasi aktif dalam Pilkada dan menggunakan hak suaranya dengan bijak, menghindari golput.

Selain itu, masyarakat diimbau untuk tetap bersinergi dengan Polres Kuansing dalam menjaga kamtibmas yang aman, damai, dan kondusif. Dalam era digital, AKP H. Yuhelmi juga menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap informasi hoaks terkait Pilkada 2024 yang dapat memicu keresahan di masyarakat. Ia mengingatkan masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial dan tidak mudah terprovokasi oleh kabar-kabar yang tidak benar.

Lebih lanjut, ia mengimbau masyarakat untuk terus menjaga persatuan, kerukunan, dan keutuhan bangsa, terutama di tengah proses politik seperti Pilkada yang kerap kali menimbulkan polarisasi di masyarakat. Kegiatan Cooling System ini merupakan upaya preventif dari Polres Kuansing untuk terus menjalin sinergitas dengan masyarakat di wilayah hukum mereka.

Beberapa tujuan utama yang ingin dicapai dari kegiatan ini antara lain Membina sinergitas antara Polres Kuansing dan masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas yang aman, damai, dan kondusif selama tahapan Pilkada 2024, Melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi terkait Pilkada, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami tahapan-tahapan dalam Pilkada 2024 serta berperan aktif dalam menyukseskannya.

Kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik (public trust) terhadap kepolisian sebagai lembaga penegak hukum yang menjaga keamanan dan ketertiban, Terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polres Kuansing selama seluruh tahapan Pilkada 2024 berlangsung.

Dengan terlaksananya kegiatan Cooling System ini, Polres Kuansing berharap masyarakat dapat menjalani proses Pilkada dengan tenang, aman, dan sejuk tanpa ada gangguan keamanan yang berarti. Selama kegiatan berlangsung, situasi di wilayah Polres Kuansing terpantau aman dan kondusif. “Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk nyata dari komitmen Polres Kuansing dalam menjaga kamtibmas serta menciptakan suasana yang kondusif selama pesta demokrasi berlangsung,” tandas Kasat.

Sumber: Humas Polres Kuansing
Editor. Kabiro Tina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *