TIM PKM Program Studi D3 Fisioterapi Universitas Abdurrab Edukasi Pelajar Cara Mengangkat Dan Mengangkut Untuk Menjaga Postur Tulang Belakang

PEKANBARU – jurnalpolisi.id

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi D3 Fisioterapi Universitas Abdurrab terus berupaya memberikan kontribusi kepada masyarakat. Kali ini tim memberikan Edukasi tentang Teknik Mengangkat dan Mengangkut Untuk Menjaga Postur Tulang Belakang kepada pelajar di Madrasah Aliyah Assayafiiyah Air Tiris, Kampar, Riau, Jumat (27/9/2024).

Ketua Tim PKM Program Studi D3 Fisioterapi Universitas Abdurrab, Ayu Permata, SST.FT.,M.Fis menyampaikan, pentingnya menjaga postur tulang belakang bagi manusia diantaranya untuk mendukung pertumbuhan yang optimal, mencegah gangguan postur permanen, menghindari nyeri otot dan tulang, meningkatkan fungsi pernafasan dan pencernaan, mendukung keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan rasa percaya diri dan mencegah masalah kesehatan jangka panjang contohnya Hernia Discus atau Osteoporosis.

Dalam banyak kasus, gangguan postur tubuh yang membuat postur tubuh salah pada anak dan remaja sering kali berkaitan dengan posisi tulang belakang tutur Ayu.

Dilanjutkan Ayu permata, ada beberapa faktor yang menyebabkan gangguan pada postur tulang belakang pada manusia, diantaranya kebiasaan duduk, berdiri atau berjalan dengan postur yang salah dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan perubahan pada tulang belakang misalnya duduk membungkuk di depan computer dapat menyebabkan Kifosis (Punggung membungkuk ke depan).

Selain itu kurangnya aktifitas fisik dimana otot otot penyangga tulang belakang, seperti otot perut dan punggung dapat melemah jika tidak dilatih mengakibatkan kurangnya stabilitas dan menyebabkan gangguan postur.

Faktor usia juga mempengaruhi, seiring bertambahnya usia perubahan Degenerative seperti Osteoartritis, Osteoporosis dan penurunan ketinggian Diskus antar tulang belakang dapat menyebabkan perubahan postur, penyakit seperti radang sendi, Osteoporosis atau gangguan Neuromuscular seperti Distrifia otot juga dapat mengganggu postur tulang belakang, cidera pada tulang belakang atau sekitarnya dapat mengakibatkan ketidak sejajaran tulang belakang, berat badan berlebih memberikan tekanan tambahan pada tulang belakang dan struktur pendukungnya juga dapat menyebabkan ketegangan pada otot dan perubahan postur, dan yang terakhir mengangkat benda berat dengan cara yang tidak tepat dapat menekan tulang belakang dan otot, dapat menyebabkan cedera atau kelainan postur.

“Nah, itulah beberapa factor penyebab gangguan pada postur tulang belakang manusia, salah satu yang sering terjadi yaitu mengangkat dan mengangkut beban dengan cara yang salah. Jadi kita perlu tahu cara mengangkat beban yang benar terang Ayu. Untuk mencegah terjadinya gangguan pada postur tulang belakang,” terang Ayu Permata.

Ayu permata menyebutkan, ada beberapa teknik dalam mengangkat dan mengangkut beban dengan cara yang benar. Yang pertama Teknik Squat Lift (Jongkok) digunakan ketika mengangkat benda berat dari permukaan rendah atau lantai.
Teknik Partial Squat Lift (Jongkok sebagian) digunakan untuk benda yang lebih ringan yang berada dipermukaan yang lebih rendah, tidak langsung dilantai. Teknik Power Lift (Angkat Kuat) digunakan untuk benda yang agak berat tapi tidak memerlukan jongkok penuh.

Teknik Golfers Lift ( Teknik Golf) digunakan untuk benda yang ringan yang berada di lantai tanpak menekuk lutut, selanjutnya Teknik Tripod dilakukan saat mengangkat benda benda yang berat yang berada dipermukaan rendah, selanjutnya Teknik Pivot (Memutar) dilakukan saat mengubah arah atau posisi ketika membawa beban. Yang terakhir Teknik Team Lift (Teknik Angkat Tim) dilakukan untuk beban berat yang sulit diangkat sendiri.

“Ada beberapa Tips mengangkat beban dengan benar, salah satunya selalu jaga agar punggung tetap lurus saat mengngkat beban, lebih menggunakan otot kaki dari pada otot punggung, menjaga beban sedekat mungkin dengan tubuh untuk mengurangi tekanan pada punggung dan usahakan mengangkat benda sejajar dengan dada atau perut,” jelas Ayu memberikan tips mengangkat beban dengan benar.

H.A Haris M.Pd selaku kepala sekolah Madrasah Aliyah Assayafiiyah Air Tiris, Kampar, Riau menyambut baik kegiatan ini yang harapannya para pelajar bisa memperkaya pemahamannya tentang ilmu kesehatan.

“Kami berterimakasih kepada TIM PKM Program Studi D3 Fisioterapi Universitas Abdurrab yang telah memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan terutama kesehatan tulang bagi manusia dan semoga ke depannya tetap memberikan kontribusi bagi masyakat luas,” ucap kepala sekolah(kaperwil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *