UB Meraih Penghargaan Sebagai “Outstanding Innovative and Inclusive Campus” Pada Ajang CNN Indonesia Awards 2024.

Ket Foto: Rektor UB Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc

Malang- jurnalpolisi.id

Universitas Brawijaya (UB) meraih penghargaan sebagai “Outstanding Innovative and Inclusive Campus” pada ajang CNN Indonesia Awards 2024. Penghargaan ini diterima oleh Rektor UB Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc, Rabu (25/09/2024) di Hotel The Westin, Surabaya.

Acara ini merupakan inisiatif dan bentuk apresiasi dari CNN Indonesia yang ditujukan kepada Pemerintah Kota/Kabupaten, Lembaga BUMN, BUMD, perguruan tinggi, pihak swasta, hingga tokoh-tokoh berpengaruh lainnya.

Penganugerahan tersebut dibagi dalam beberapa kategori, antara lain Public Government, Private Sector, State Regional Enterprise, Special Awards, dan Lifetime Achievement Award.

Wakil Pemimpin Redaksi CNN Indonesia Revolusi Riza Zulfredi menyampaikan, proses penilaian dilakukan berdasarkan data yang objektif, adil, dan sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Dewan Pakar.

Dewan ini terdiri dari Desi Anwar selaku Board of News Director CNN Indonesia, Ike Agestu sebagai Wakil Pemimpin Redaksi CNNIndonesia.com, Niki Charles Laoh sebagai Kepala Divisi Event CNN Indonesia, dan M. Walid, Kepala Biro CNN Indonesia Provinsi Jawa Timur.

“Ajang ini mengundang pihak-pihak terbaik di bidangnya, dan menampilkan berbagai talenta yang berkomitmen membangun tata kelola lebih baik ke depannya. Harapannya, jika tata kelolanya baik dan jaringannya kuat, maka dampaknya ke masyarakat akan lebih terasa,” kata Revolusi Riza Zulfredi.

Menurutnya, UB merupakan salah satu kampus terbaik di Jawa Timur yang semakin menunjukkan kualitasnya.

“Sebagai contoh, meskipun saya tinggal di Jakarta, banyak lulusan SMA di sana yang menjadikan UB sebagai tujuan utama untuk melanjutkan studi. Itu hanya salah satu indikator, dan dari penilaian tim pakar kami, UB benar-benar menonjol sebagai kampus yang inklusif. Pendidikan di Indonesia memang seharusnya memberikan ruang bagi semua orang,” ungkapnya

Rektor menjelaskan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk komitmen UB terhadap kesetaraan dalam pendidikan. UB tidak memandang mahasiswa dari asalnya, latar belakang sosial ekonomi, maupun disabilitas. Sebagai kampus yang ramah inklusi, langkah konkret yang telah diambil antara lain membentuk unit dan melakukan rekrutmen khusus, serta memberikan pendampingan dalam proses belajar-mengajar.

“Kami memastikan bahwa kelompok rentan dan penyandang disabilitas dapat mengikuti pendidikan dengan baik juga lancar sehingga bisa menjadi mandiri. Alhamdulillah, beberapa dari mereka, alumni kami, telah bekerja di media, NGO, bahkan menjadi wirausahawan. Ke depannya, UB juga akan terus melakukan perbaikan, terutama pada sarana dan prasarana,” ujar Rektor.

Pada kesempatan yang sama, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan pidato, “Acara malam ini memberikan motivasi dan juga pengingat bagi kita semua untuk mengambil peran. Jawa Timur memiliki peran strategis sebagai salah satu motor penggerak utama ekonomi dan politik nasional”.

Jawa Timur dikenal sebagai lumbung pangan nasional berkat produksi pertaniannya yang melimpah dan turut berkontribusi pada pasar global.

Sektor industrinya terus berinovasi, sementara sumber daya energinya mandiri. Provinsi ini juga mencatat PDRB (Pendapatan Domestik Regional Bruto) tertinggi kedua di Indonesia. Dengan wilayah yang luas dan keindahan alam yang menakjubkan, Jawa Timur menjadi destinasi wisata unggulan. Semua keberhasilan ini tak lepas dari tata kelola pemerintah daerah yang luar biasa. Oleh karena itu, Jawa Timur menjadi barometer sosial dan politik hingga dipilih sebagai lokasi ke-7 untuk penyelenggaraan CNN Indonesia Awards 2024.

Acara tersebut dibuka oleh Nabila Maharani dan ditutup dengan penampilan diva musik Indonesia Krisdayanti, yang juga menerima penghargaan sebagai Extraordinary Multitalented Influential Icon from East Java. Tokoh-tokoh penting seperti Chairman dan Pendiri CT Corp Chairul Tanjung, Kapolda Jawa Timur Irjen Imam Sugianto, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Mia Amiati, serta Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono turut hadir dalam acara ini.

Lifetime Achievement Award diberikan kepada Mohammad Noer, Gubernur Jawa Timur 2019-2024 serta pencetus pembangunan Jembatan Suramadu. Meskipun telah wafat, kontribusinya tetap dikenang sebagai simbol keteladanan dalam mensejahterakan rakyat kecil. (Sei)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *