Kapolres Tanggamus AKBP Rivanda Hadiri Deklarasi Pilkada Damai 2024, Tegaskan Netralitas ASN/TNI dan Polri

Tanggamus– jurnpolosi.id

Kapolres Tanggamus AKBP Rivanda, S.I.K bersama jajaran Forkopimda menghadiri Deklarasi Pilkada Damai dan Netralitas ASN, TNI, serta Polri Tahun 2024 yang berlangsung di lapangan Pemkab Tanggamus, Selasa 24 September 2024.

Acara ini bertujuan untuk mempertegas komitmen seluruh pihak dalam mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman, damai, dan netral.

Selain menegaskan netralitas ASN, TNI, dan Polri, deklarasi ini juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga perdamaian dan menolak segala bentuk kampanye hitam, politisasi SARA, serta politik uang.

Deklarasi ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat daerah, termasuk kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanggamus yang akan berlaga dalam Pilkada 2024.

Dalam rangkaian kegiatan itu juga dilaksanakan penandatangan deklarasi dan pelepasan burung merpati sebagai simbol damai Pilkada 2024 Kabupaten Tanggamus.

Pj Sekda Tanggamus Suadi diikuti para kepala OPD dan Camat juga mengucapkan deklarasi ini, yakni : Kami pejabat tinggi pratama, kepala perangkat daerah dan camat di lingkungan pemerintah daerah kabupaten tanggamus menyatakan sebagai berikut :

  1. Menjaga dan menegakan prinsip netralitas pegawai aparatur sipil negara dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan pemilihan tahun 2024.
  2. Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi dan ancaman kepada ASN dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu.
  3. Menggunakan media sosial secara bijak, tidak dipergunakan untuk kepentingan pasangan calon tertentu, tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong.
  4. Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

Pasangan calon yang hadir, yaitu pasangan nomor urut 1 Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M. bersama dr. H. Ammar Siradjuddin, Sp. OG (K) dan pasangan nomor urut 2 Drs. H. Moh Saleh Asnawi, M.A., M.H. dengan Agus Suranto. Mereka juga mengucapkan ikrar dan berkomitmen dalam Pilkada damai.

Kasi Humas Kapolres Tanggamus, AKP M. Yusuf mengatakan pentingnya peran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri dalam menjaga stabilitas dan kepercayaan masyarakat selama proses Pilkada.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa anggota Polres Tanggamus netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. Tugas kami adalah menjaga keamanan dan ketertiban agar Pilkada berjalan dengan lancar,” tegas AKP M. Yusuf mewakili Kapolres AKBP Rivanda.

(Helmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *