Soal Netralitas ASN Ubra Pertegas Sikap

Malra,: Jurnalpolisi.id

Masuk moment politik di Tahun 2024 ini Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntun netral dan tidak berpihak kepada salah satu bakal calon tertentu.

Hal itu disampaikan langsung Penjabat Sekda Maluku Tenggara (Malra) Ir. Nicodemus Ubro saat membacakan sambutan Penjabat Bupati Malra dan membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Jum’at (20/09/2024)

Rakor yang melibatkan Stageholder dalam rangka menghadapi pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 itu, dilaksanakankan di Aula Kantor Bupati Malra

“Saya berharap pelaksanaan pilkada nanti masyarakat juga harus turut mengawasi,”sebut Penjabat Sekda Malra Ir. Nicodemus Ubro dalam sambutan yang dibacakan

Lanjutnya bahwa salah satu tingkat kerawanan yang dihadapi saat perhelatan Pilkada nanti ialah keterlibatan ASN dalam politik praktis yang sudah berlangsung sekian lama di daerah ini.

Juga dikarenakan Maluku Tenggara masuk dalam nomor urut 2 kategori Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) Provinsi Maluku sebageman rilis Bawaslu beberapa waktu lalu.

Sehingga dirinya menegaskan agar hal tersebut tidak terulang lagi pada perhelatan pilkada serentak di Tahun 2024 ini. Tentunya ini bukan saja menjadi tanggung jawab TNI dan Polri, namun merupakan tanggung jawab bersama guna meminimalisir sekaligus meredam terjadinya kerawanan saat Pilkada, sekaligus menunjukan pada Daerah lain jika kita tidak seperti yang di sangkakan.

“Saat penghitungan suara tentu sangat rentan adanya keterlibatan ASN, hindari dan patuhi rambu-rambu, sehingga bisa meminimalisir hal tersebut,”kata Ubro pertegas sikap Pekab Malra

Ubro menambahkan ASN boleh hadir saat kampanye guna mendengar visi dan misi namun tidak boleh terlibat sekalipun harus memberikan isyarat atau bahasa tubuh dalam merespon ucapan pasangan calon.

Adapun upaya kongkrit dalam menjaga netralitas ASN berupa himbauan tentang netralitas ASN oleh BKPSDM Malra, juga akan terus dilakukan, hal itu guna menjaga kondukfitas Pilkada tahun 2024 nanti.

Sehingga pihaknya akan memaksimalkan pengawasan dan pantauan terhadap ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Mauluku Tenggara

Publish by (Melky-JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *