Upacara Hari Kesadaran Nasional di Rutan Banyumas: Tumbuhkan Semangat Nasionalisme dan Cinta Tanah Air

Banyumas,- jurnalpolisi.id

Rutan Kelas IIB Banyumas menyelenggarakan upacara Hari Kesadaran Nasional pada Selasa pagi (17/09/2024). Kegiatan diikuti oleh 185 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), yang terdiri dari 40 tahanan dan 145 narapidana. Upacara ini dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Banyumas, Jumedi, sebagai Pembina Upacara, dengan peran Perwira Upacara diemban oleh Waluyo, seorang Staff Pengelola Pembinaan Kepribadian.

Upacara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila oleh Pembina Upacara, pembukaan UUD 1945, serta pembacaan Catur Dharma Narapidana yang diikuti dengan penuh kekompakan oleh seluruh peserta upacara. Suasana yang cerah semakin menambah semangat para peserta dalam menjalankan rangkaian kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala Rutan Banyumas, Jumedi, menekankan pentingnya menanamkan rasa nasionalisme pada diri setiap WBP.

“Tingkatkan rasa nasionalisme pada diri kalian agar kelak menjadi manusia pembangunan yang aktif dan produktif sebagaimana tertera dalam Catur Dharma Narapidana,” ujarnya dengan penuh semangat.

Sebagai petugas upacara, 10 orang anggota Pramuka dari kalangan WBP pilihan turut berperan penting dalam pelaksanaan acara ini. Mereka telah mendapatkan pelatihan intensif selama satu minggu untuk memastikan jalannya upacara berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat.

Waluyo, yang bertanggung jawab atas persiapan teknis upacara, juga memberikan apresiasi terhadap dedikasi para petugas upacara dari WBP.

“Mereka telah berlatih mulai seminggu yang lalu. Mereka bersemangat dalam menerima bimbingan dan arahan petugas, serta menunjukkan keterampilan dalam baris-berbaris,” katanya.

Upacara Hari Kesadaran Nasional ini menjadi momen penting bagi seluruh WBP di Rutan Kelas IIB Banyumas untuk menumbuhkan kecintaan pada tanah air dan semangat nasionalisme, sebagai bagian dari proses pembinaan untuk menjadi individu yang lebih baik di masa depan.

Banyumas, 17 September 2024
Narahubung :
Dwi Waluyo
085157569909

( Arif JPN )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *