Polda Kepri, Satbrimob dan Polresta Barelang Gelar Simulasi Sispamkota Jelang Pilkada 2024

Batam,jurnalpolisi.id

Jelang Pilkada 2024 Polresta Barelang Bersama Polda Kepri dan Satbrimob Polda Kepri menggelar Simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) di Temenggung Abdul Jamal Kec. Sei Beduk Kota Batam, Kamis (22/08/2024).

Latihan ini bertujuan untuk menguji kesiapan personel dan peralatan Polri dalam menjaga keamanan selama seluruh tahapan Pilkada 2024. Mulai dari distribusi logistik pemilu, kampanye pasangan calon (paslon) gubernur dan wali kota, masa tenang, pemungutan suara, hingga penetapan hasil.

Kegiatan tersebut terlibat sebanyak 1.077 personel dari Polda Kepri, Polresta Barelang, dan Satuan Brimob Serta TNI, Satpol PP dan unsur lain ikut dilibatkan dalam latihan ini.

Salah satu skenario yang dilatihkan adalah antisipasi terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang mungkin terjadi di berbagai tahapan Pilkada. Dalam simulasi tersebut, digambarkan situasi kerusuhan di mana massa menuntut penghitungan ulang suara karena dugaan kecurangan, hingga memicu bentrokan dengan petugas kepolisian.

Selain skenario kerusuhan, berbagai simulasi lainnya juga dilakukan untuk menguji kesiapan Polri dalam menghadapi berbagai tantangan dan risiko selama Pilkada 2024. Latihan ini tidak hanya bertujuan untuk memastikan kesiapan operasional, tetapi juga untuk memperkuat koordinasi dan sinergi antara berbagai satuan tugas di lapangan. Diharapkan, seluruh personel Polri dapat memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni, serta soliditas yang kuat dalam menjamin keamanan dan kelancaran Pilkada 2024 di wilayah Kepulauan Riau.

Turut hadir dalam kegiatan Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin,S.I.K.,M.H, Dirpam BP Batam Brigjen. Pol. Drs. Rudi Hananto Nugroho, S.H., Ketua DPRD provinsi Kepulauan Riau bapak Jumaga Nadeak, S.H., M.H., Irwasda Polda Kepri Kombes. Pol. Sri Satyatama, S.I.K., M.H., M.M., M.Han., Pejabat Utama Polda Kepri, Kapolresta Barelang Kombes Pol H. Ompusunggu, SIK, MSi, Wakapolresta Barelang AKBP Fadli Agus, SIK, MH, MM, Danyon Raider 136/TS Mayor Inf Gede Agus Dian Pringgana, Danyon 10 Marinir/SBY Letkol Mar Briand Iwan Prang, Dandenpom 1/6 Batam Mayor CPM Stevanus Purba, S.H., Danyonmarhanlan IV Batam Mayor Marinir Andi Arif Mangkubumi, S.IP., PJU Polresta Barelang, ketua KPU / mewakili, Forkompinda kota Batam, Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau / mewakili, Seluruh Peserta Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Simpamkota).

Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., menegaskan bahwa seluruh personel Polda Kepri, termasuk para perwira, terlibat aktif dalam pengamanan Pilkada ini. “Tidak ada satu pun anggota yang tidak berpartisipasi dalam pengamanan Pilkada serentak 2024 Kami juga mengajak seluruh Lapisan masyarakat untuk ikut serta menjaga ketertiban selama proses pemilu berlangsung, khususnya pada saat pemungutan suara, guna memastikan jalannya Pilkada dengan lancar dan aman, “Ucap Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

Kemudian saya juga mengingatkan pentingnya peran masyarakat, terutama di Kota Batam yang merupakan wilayah strategis bagi investasi. Kapolda optimistis bahwa masyarakat, dengan budaya Melayu yang kental dan bijaksana, tidak akan mudah terprovokasi atau terpolarisasi selama berlangsungnya Pilkada. “Kita semua memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kita,” Ujar Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

Semoga situasi pengamanan Pilkada di kota batam semuanya berjalan dengan aman dan kondusif.

(Sahril JPN/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *