Kenakan Baju Adat Nasional, Pegawai Lapas Banyuwangi Gelar Upacara HUT ke-79 RI

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuwangi menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Sabtu (17/8). Dalam kegiatan itu, pegawai Lapas Banyuwangi kompak mengenakan baju adat nasional.

Upacara bendera yang dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Banyuwangi Agus Wahono itu digelar di Lapangan Tenis Blok Timur. Kegiatan juga melibatkan perwakilan Warga Binaan.

Pada kesempatan itu, Agus membacakan amanat dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang menyampaikan peran strategis Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

“Kemenkumham tidak hanya sebagai aparat penegak hukum, tetapi juga sebagai garda terdepan dalam menjaga hak asasi manusia,” ujarnya.

Menurutnya, Menkumham menekankan prinsip kerja sama dengan semua pihak untuk mendorong pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan guna menciptakan Indonesia yang maju dan berkeadilan.

Untuk itu, juga diperlukan komitmen yang kuat dari seluruh jajaran Kemenkumham untuk bekerja lebih keras dalam menciptakan sistem hukum yang adil, transparan dan responsif.

“Mari kita garap segala potensi yang ada, jangan ada waktu yang terbuang sia-sia, karena setiap detik, setiap menit adalah kesempatan untuk berkontribusi bagi kemajuan negeri ini,” tegasnya.

Lebi h lanjut, Agus menyebut saat ini telah memasuki era baru yang mana tidak bisa hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi semata, namun juga harus memperhatikan aspek penguatan hukum dan HAM.

“Semua komponen masyarakat, baik lembaga pemerintah, swasta memiliki peran penting dalam membangun ekosistem hukum yang mendukung pertubuhan tersebut. Perlu kolaborasi dan sinergi yang kuat agar visi Indonesia Emas 2045 dapat terwujud,” ucapnya.

‘Mari kita terus berinovasi, beradaptasi dan berusaha mewujudkan cita-cita bangsa dan negara. Seperti dikatakan oleh Bapak Proklamator kita ‘Bergandeng tangan untuk menuju masa depan yang lebih baik’,” pungkasnya.

Sumber : Humas Kalapas
Pewarta : Boby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *