Api Unggun Di Malam Terakhir Jambore Kwarti Ranting Kecamatan Bantarsari.

Cilacap- jurnalpolis.id

Malam Puncak perkemahan jambore Kwarti Ranting kecamatan Bantarsari menyenggarakan api unggun di malam terakhir perkemahan jambore, di ikuti dari 42 regu penggalang SD dan 14 regu penggalang SMP dalam rangka hari jadi pramuka yang ke 63 Tahun 2024.

Bertempat di lapangan bola desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap, Selasa (13 Agustus 2024).

Api unggun merupakan simbol semangat api melambangkan semangat dan semangat kebersamaan.

Api unggun dalam pramuka bukan hanya merupakan kegiatan seremonial semata, tetapi juga sarana untuk mengajarkan nilai-nilai penting seperti persatuan, semangat, dan penghargaan terhadap alam.

Upacara api unggun dipimpin oleh pembina api unggun Siswoyo SPd, MPd. Kordinator Wilayah (Korwil) Kecamatan Bantarsari.

Penghidupan api unggun berlangsung sekitar pukul 20.00 WIB. Peserta berkumpul di tengah lapangan lalu membentuk barisan setengah lingkaran dengan sesuai jumlah Dasa Darma Pramuka sebanyak 560 peserta, dan pembina upacara menyalakan api unggun bersama.

Pembina api unggun Siswoyo dalam amanatnya mengatakan, “Hadirin yang berbahagia saya ucapkan banyak terima kasih karena hari ini kita masi di pertemukan dalam acara Api Unggun

Ada 3 (Tiga) pelajaran yang dapat kita ambil kegiatan api unggun pada malam hari ini pelajaran pertama yaitu kalian sebagai anggota pramuka harus selalu menjadi pelopor kebaikan yang mengajak orang lain melakukan penerangan dalam kegelapan.

Pelajaran kedua adalah anggota pramuka bisa menjadi seperti yang selalu memberi kehangatan saat kedinginan dalam hidup bergaul di sekolah ataupun dalam hidup bergaul di manapun sehingga Memberikan manfaat seluas-luasnya bagi orang-orang sekitar.

Dengan api unggun kita dapat merasakan hangatnya pada malam hari ini akan banyak orang yang merasa senang maka banyak orang yang merasa bahagia teruslah menjadi tugas-tugas bangsa.

Bangga menjadi bangsa seorang pemimpin negara

Amanat Kakak pada kesempatan malam ini tetap semangat adik-adik mengikuti kegiatan Jambore

Pramuka hebat Pramuka hebat, Jambore Kwartir Ranting-Bantarsari tahun 2024 tetap semangat selamat salam Pramuka, “Jelasn Siswoyo (13/8/2024).

Upacara Api unggun merupakan puncak dari kegiatan perkemahan yang dilanjutkan dengan pentas Tari-tarian yang akan di tampilkan oleh peserta perkemahan.

Dalam acara tersebut juga dilakukan tarian tarian seperti Tari Kareasi Kolaborasi di bawai oleh siswa SDN 01 Rawajaya, Tari Conderan di bawai oleh siswa SMA Negeri 1 Bantarsari, Tarian kuda kepang di bawai oleh siswa SDN 07 Rawajaya, Tarian Caping Ayu di bawai oleh siswa SDN 02 Cikedongdong.

(Syaifulloh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *