Ratusan Anggota Pencak Silat Pagar Nusa, Melakukan Konvoi Memenuhi Kantor Pengadilan Negri Banyuwangi

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Ratusan pendekar Pagar Nusa beramai-ramai datang ke Kantor Pengadilan Negeri (PN) Banyuwangi dan memenuhi halaman parkir.

Mereka datang untuk mengawal sidang kasus kematian Affa Yudha Pratama, 20, warga Desa Sukomaju, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, resmi digelar pada Selasa (6/8/2024).

Diketahui jika Affa Yudha Pratama menerupakan salah satu pendekar Pagar Nusa yang meninggal dunia akibat dikeroyok,
Dalam proses sidang perdana tersebut, ratusan pendekar dari Perguruan Silat Pagar Nusa menggeruduk Kantor PN Banyuwangi.

Ratusan pendekar Pagar Nusa itu memantau proses jalannya persidangan sejak awal digelar.

Para pendekar tersebut, memenuhi ruang tunggu PN Banyuwangi. Sebab hanya sebagian pendekar yang diperbolehkan masuk ke Ruang Sidang Cakra.

Dalam proses persidangan para pendekar Pagar Nusa sempat kecewa lantaran kelima terdakwa menjalani sidang secara online.

Sehingga, beberapa pendekar membentangkan poster maupun bendera perguruan mereka di halaman PN Banyuwangi.

“Ratusan anggota Pagar Nusa mendatangi PN Banyuwangi sebagai bentuk solidaritas dan mendukung serta mengawal kasus tersebut,” kata Humas Pagar Nusa Banyuwangi, Rizky Alvian Restiawan.

Aksi solidaritas tersebut tentu dilakukan secara spontanitas oleh para pendekar. Karena, mereka prihatin terhadap keluarga korban.
“Kematian korban sangat tragis dan para anggota Pagar Nusa ini hanya ingin jalannya sidang dilakukan secara adil dan netral,” paparnya.

Selain itu, Rizky menyebut dengan adanya aksi solidaritas yang dikakukan para pendekar diharapkan hakim bisa memutus dengan adil jalannya sidang itu,

Terkiat hukum yang atau pun vonis yang diberikan, pihaknya mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada PN Banyuwangi.

“Harapanya hukuman terhadap lima terdakwa dapat maksimal. kami juga tidak ingin peristiwa ini terulang lagi,” pungkasnya.

Usai jalannya sidang para pendekar Pagar Nusa ini melakukan konvoi keliling kota mengendarai sepeda motor dan dimulai dari RTH Kedayunan Kabat.
Sumber : Krd
Pewarta : Boby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *