UIN Khas Jember Mahasiswa Pelatihan Untuk Pengolahan Kotoran Ternak

Muncar – Banyuwangi , jurnalpolisi.id


Mahasiswa kuliah kerja nyata UIN Khas Jember Tahun 2024 Desa Blambangan Kecamatan Muncar. melakukan pelatihan dan pengolahan tentang pemanfaatan kotoran ternak sebagai pupuk.Pada hari selasa Tanggal ( 30-07-2024)

Melihat potensi Desa Blambangan peternakan (Pemberdayaan Masyarakat Desa Blambangan Maksud dan tujuan dilaksanakanya sosialisasi dan penyuluhan pembuatan pupuk organik .

memperoleh keterampilan dalam membuat pupuk kompos dari kotoran ternak sehingga mendapatkan tambahan penghasilan.ujarnya ?

Untuk mengurangi ketergantungan penggunaan pupuk kimia dan juga bisa memanfaatkan sisa-sisa dari kotoran ternak menjadi pupuk organik.

Pak ali sukri “diadakan acara ini dapat menjadi pengganti dari pupuk kimia, bertempat Di Posko PTSL Dusun Sukosari” Yang Hadir dalam Acara ini Sejumlah 10 Peserta *# ungkapnya.

berkelanjutan tersebut dilaksanakan melalui salah satu program kerja berupa pemanfataan kotoran ternak menjadi pupuk yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman.

Pelatihan dan pengolahan kotoran ternak sebagai pupuk menjadi salah satu pendukung keberhasilan KKN Khas UIN Jember hal ini dilatar belakangi dengan menurunnya penggunaan pupuk Organik.

Maka dari pada itu, Mahasiswa KKN UIN Khas Jember melakukan pelatihan dan pengolahan untuk membangunkan kembali daya minat menggunakan pupuk .

Narasumber oleh mahasiswa KKN UIN Khas Jember secara langsung dan contoh proses pembuatan pupuk .dari kotoran ternak sekaligus hasil produk diberikan langsung oleh narasumber dan panitia penyelenggara. Peserta yang menghadiri sosialisasi ini merupakan kepala dusun dan warga Setempat.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan terkendali serta para peserta sangat antusias dan aktif bertanya kepada narasumber saat sosialisasi sedang berlangsung.

Ketua Mahasiswa KKN UIN KhasJember mengatakan bahwa “salah satu tugas atau fungsi dari kegiatan kuliah kerja nyata ini adalah memanfaatkan potensi yang ada di Desa Blambangan .

Tujuan dilaksanakannya sosialisasi pemanfataan kotoran ternak sebagai pupuk ,ini yaitu untuk menambah pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan kotoran ternak yang dibuang sia-sia menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis.

Selain itu, pemanfaatan kotoran ternak sebagai pupuk yaitu supaya masyarakat tidak terus menerus menggunakan pupuk kimia yang dapat merusak lingkungan serta mampu memanfaatkan kotoran ternak/langkah-langkah pembuatan pupuk organik.

sangat antusias dengan adanya pelatihan dan pengolahan ini, terutama sektretaris Mahasiswa Dan Ketua .Juga Bendahara . Dari Mahasiswa KKN Khas UIN Jember . saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara sosiaslisai.

Beliau menuturkan bahwa “kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat dan bernilai positif untuk membangun pengetahuan masyarakat bagaimana memanfaatkan kotoran ternak .

menjadi sesuatu yang dapat bermanfaat, kegiatan seperti ini juga dapat membantu pihak desa dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terlebih di desa . ini banyak sekali peternak sapi yang belum bisa memanfaatkan kotoran sapi mereka menjadi pupuk organik” demikian tutur Ketua Mahasiswa KKN UIN Khas Jember.
Sumber : ( slamet)
Pewarta : Boby

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *