Sidak Puskesmas Pelayanan Harus Gratis

Malra, jurnalpolisi.id

Sempat viral pembritaan yang menyebutkan pelayanan di Puskesmas harus melakukan pembayaran, Penjabat Bupati Maluku Tenggara Drs. Jasmono langsung turun tangan.

Tak tanggung, Senin (23/07/2024) dirinya bersama Penjabat Sekda Malra Ir. Nicodemus Ubra, juga Staf Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Karel Rahayaan melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke Puskesmas Debut, Kecamatan Manyeuw Kabupaten Maluku Tenggara.

“Jadi pelayanan harus gratis ‘Non Badgeting,”sebut Jasmono saat ditemui usai melakukan Sidak

Sebagai Puskesmas yang pernah dijadikan percontohan, Jasmono bilang kalau dirinya sudah mengarahkan Kepala Puskesmas untuk membuat papan pengumuman, dengan tujuan menyampaikan informasi kepada publik bahwa pelayanan harus gratis (Non Badgeting_Red)

“Ini yang saya maksudkan pelayanan juga harus transparansi,”tambahnya

Namun nyatanya bahwa setelah di viralkan barulah kepala puskesmas bersama staf-nya menyadari sungguh ada kejanggalan dalam pelayanan yang dilakulan. Yang mana ada jeritan warga pasien BPJS kalau pengobatan yang Ia dapatkan dibayar.

Lanjut Jasmono disampaikan bahwa pelayanan Puskesmas harus transparansi hal itu bertujuan agar masyarakat bisa mengetahui dengan pasti pelayanan yang dilakukan.

Sementara berdasarkan pada apa yang disampaikan Penjabat Bupati Jasmono bahwa pelayanan di puskesmas harus gratis kecuali pada pelayanan – pelayanan tertentu sesuai dengan peraturan perundang – undangan.

“Tetapi diluar itu yang tidak diatur dalam peraturan tidak dikenakan biaya’Non Badgeting,”kata Jasmono

Dia juga meminta kepada kepala puskesmas agar melakukan konsolidasi secara internal, dan rangkul semua pegawai kemudian mambahas untuk peningkatan kualitas pelayanan di puskesmas tersebut.

Untuk informasi bahwa sebelum dilakukan Sidak, Jasmono telah lebih dulu berada di kantor DPRD Malra guna mengikuti Rapat Paripurna, dalam rangka penyampaian laporan Badan Anggaran (Banggar) tentang proses pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *