Berwisata di Pemandian Geyser Cipanas Cisolok Palabuhanratu Desa Wangunsari Terasa Nyaman dan Hangat

Sukabumi, Palabuhanratu – jurnalpolisi.id

Hangatnya Semburan Air Panas di Pemandian Cipanas yang berlokasi di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, selama ini lebih dikenal dengan jejeran pantainya yang terkenal indah dan mempesona. Namun, di bagian barat kota ini terdapat sebuah destinasi wisata yang tidak kalah menariknya dengan wisata Cipanas, yaitu Geyser Cisolok (22/07/2024).

Menurut keterangan koordinator petugas tolget, Febi, wisata Geyser Cisolok senantiasa menjaga kualitas kenyamanan pengunjung dengan pelayanan yang ramah tamah dan fasilitas lainnya. “Pengunjung berdatangan dari berbagai daerah, baik yang dekat maupun yang jauh. Saat liburan sekolah, pengunjung cukup ramai. Namun, pada hari-hari biasa, meskipun tidak begitu ramai, pengunjung selalu ada. Kami juga sering menghimbau agar pengunjung menjaga kebersihan dan keselamatan,” tuturnya.

Di tempat yang sama, salah satu pengunjung yang mengaku bernama Yanti, warga Jakarta Mangpang Parapatan, mengungkapkan bahwa dia sering kali berwisata ke Palabuhanratu karena banyak tempat wisata menarik di sepanjang jalan dari Palabuhanratu hingga Geyser Cipanas yang melewati pantai. “Kami suka bermandi di aliran Sungai Cipanas. Terasa nyaman dengan hangatnya pemandian air panas ini,” jelasnya.

Pemandian Cipanas terletak di Desa Cisolok, berjarak 15 km dari Kota Pelabuhanratu. Sesuai namanya, wisata ini menawarkan air panas sebagai sajian utamanya. Konon, pemandian ini ditemukan oleh warga kolonial saat masih menjajah Indonesia.

Keunikan pemandian air panas di sini terletak pada air panas yang keluar dari Pemandian Air Panas Cisolok yang bersumber dari geyser, yaitu air panas yang keluar dari kerak bumi. Hal ini sangat berbeda dengan pemandian air panas pada umumnya yang bersumber dari mata air.

Warga sekitar memanfaatkan keunikan ini dengan menumpuk bebatuan di celah-celah tempat keluarnya air. Sehingga air menyembur ke atas hingga mencapai ketinggian sekitar 3 meter. Pemandangan ini menjadi daya tarik unik bagi para pengunjung.

Selain air panas yang dipercaya dapat mengobati rematik dan penyakit kulit, berkunjung ke Pemandian Cipanas Cisolok juga menyajikan pemandangan khas yang berbeda di wilayah Pelabuhanratu.

Pemandian Cipanas terbuka untuk umum dan terbagi dalam dua kategori. Pengunjung yang ingin melihat dan merasakan air yang menyembur dapat menceburkan diri ke sungai, sementara pengunjung yang ingin lebih santai dengan kondisi yang lebih privat dapat memilih kolam-kolam yang disediakan oleh pihak pengelola.

Ada satu lagi keunikan saat berkunjung ke pemandian ini. Sebelum masuk ke area pemandian, pengunjung akan melewati sebuah jembatan gantung. Melewati jembatan gantung ini memberikan sensasi tersendiri kepada pengunjung sebelum merasakan semburan khas Pemandian Air Panas.

( M. Jery KR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *