Tradisi Menyambut Hari Besar IslamWarga Kampung Teratai _Batanghari Jambi.

Batanghari – jurnalpolisi.id

Bermacam tradisional yang di lakukan di berbagai wilayah menyambut kehadiran Hari raya idul Adha 1445.H atau di sebut dengan lebaran haji.

Dalam hal ini warga kelurahan Teratai tak luput meninggalkan tradisinya dimana setiap hari besar Islam yaitu bertempatan dengan hari raya idul Adha

Warga masyarakat teratai membuat Makanan khas yaitu juada kacau atau sering disebut dengan bahasa Indonesia yaitu Kue Dodol.

Indra Romianto/Domi warga teratai menceritakan, ” Proses pembuatan juada kacau ini Bukanlah sedikit proses nya membutuhkan tenaga yang Extra dan Banyak Orang untuk proses pengadukannya saat di masak di dalam kuali. Trus Bahan nya juga tidak sedikit diantaranya Santan kelapa _ gula putih_ tepung_ gurah Aren_ danlain lain.
Tradisi ini Tidak mungkin dihilangkan karena dari turun-menurun sudah jadi kebiasaan. Jika tidak dilasanakan di setiap Hari raya Islam Maka Rasanya kurang sempurna atau kurang Afdol.

Kebiasaan ini juga Motifasi Buat Semua Keluarga Besar kami dimana setiap hari besar Kami Kumpul Untuk merajuk silaturahmi Agar Tidak Terputus walaupun Ada Keluarga yang beraktivitas jauh diluar Namun Tetap segera Pulang ke kampung halaman. Ungkap Domi.

Untuk Penyembelihan hewan kurban Usai Solat ids, Indra Romianto Berharap Agar Semua Keluarga Besar Teratai Berkumpul dalam hal kerjasama Untuk penyembelihan hewan kurban tersebut.

(M.Sabilillah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *