Babinsa Desa Barurejo bantu Petani Basmi Hama Padi

Siliragung – jurnalpolisi.id

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pertanian di wilayah desa binaan, Sertu Heri Budianto Babinsa Pos Ramil 0825/24 Siliragung melaksanakan pendampingan pertanian dengan cara membantu petani menyemprot hama padi di sawah Bapak Wakit Dusun Sumbermanggis RT. 02 RW. 13 Desa Barurejo Kecamatan Siliragung Kabupaten Banyuwangi, (19/05/2024).

Dalam budidaya tanaman padi, maka tidak akan terlepas dari ancaman hama yang sering menyerang tanaman tersebut. Serangan hama apabila dalam pengendaliannya kurang tepat, maka dapat menurunkan produktivitas dari tanaman padi. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan petani untuk bisa mengenal jenis-jenis hama lalu menerapkan pengendalian secara tepat, cepat, dan akurat.

Hama pada tanaman padi membuat pertumbuhan dan perkembangannya tidak maksimal. Serangan hama perlu dikenali agar dapat segera ditangani sedini mungkin. Apalagi, jika tidak segera ditangani, petani akan mengalami kerugian besar.

“Diantara salah satu hama padi yaitu wereng, hama ini termasuk OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) yang menjadi musuh petani. Untuk mencegah meluasnya hama wereng yang menyerang tanaman padi, maka diperlukan penyemprotan tanaman padi dengan menggunakan pestisida”, Ungkap Sertu Heri Budianto.

“Hama wereng merupakan salah satu musuh petani yang harus segera diberantas, karena tanaman padi jika sudah diserang wereng, maka buah padi tidak jadi alias kosong dan berakibat pada menurunnya hasil panen” Imbuhnya.

“Terimakasih pak Babinsa karena sudah membantu meringankan pekerjaan kami, dengan membantu menyemprot padi dan pendampingannya selama ini, kami tidak bisa membalas kebaikan bapak, dengan doa terbaiklah untuk bapak sekeluarga aamiin” . Ungkap Bapak Wangkit.

Boby Tri Setya Hartanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *