Ini Jumlah Peserta Bimtek Operator Dapodik Maluku Tenggara

Malra – jurnalpolisi.id

Sebanyak 191 peserta Operator Dapodik ikut dalam Bimbingan teknis (Bimtek) yang dilaksanakan di Ballroom hotel Kimson Langgur, Jln Jendral Sudirman, Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Rabu, (27/03/2024)

Adapun dari ke 191 peserta itu, terdiri dari operator Dapodik Sekolah Dasar (SD) yang berjumlah 142, dan operator Sekolah Menegah (SMP) sebanyak 49 peserta.

Dapodik sendiri adalah daftar tenaga pendidikan dan kependidikan, dapodik juga dikenal sebagai sistem informasi yang digunakan oleh kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, untuk mengelola data pendidikan.

Dengan dasar Hukum UU Nomor 25 Tahun 2024, Tentang Sistim Perencanaan Pembangunan Nasional. UU Nomor 23 Tahun 2014, Tentang Pemerintahan Daerah, serta Peraturan Presiden Nomor 15 tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fisik tahun 2023.

Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi.
Tata cara evaluasi rancangan pembangunan daerah, tentang rencana pembangunan jangka panjang, juga rencana pembangunan menengah daerah dan rencana pembangun daerah

Keputusan Mentri Pendidikan, kebudayaan ristek dan teknologi Indonesia Nomor 303/IV/2022 tentang petunjuk teknis data kependidikan, pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menegah, serta kursus dan pelatihan.

Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Nomor 27 tahun 2009 tentang Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah Tahun 2005, Tahun 2025.

Sementara maksud dari pelaksanaan bimtek itu sendiri, adalah rangkain dari proses perencanaan pembangunan daerah pada bidang pendidikan, yaitu dengan menggunakan data dapodik sebagai acuan dan instrumen.

Serta validasi dan verifikasi data, sarana prasarana, satuan pendidikan dalam pelaksanaan DAK fisik bidang pendidikan tahun 2025

Sedangkan tujuan dilaksanakan bintek, ialah meningkatkan kualitas perencanaan dengan pemanfaatan fungsi manajemen perencaan pada aplikasi dapodik dalam pelaksanaan DAK fisik bidang pendidikan tahun 2025

Pj. Bupati Maluku Tenggara, Drs Jasmono, M.Si, lewat sambutan yang dibacakan Pj. Sekertaris Daerah, Nicodemus Ubro menekankan akan pentingya pendidikan yang dapat memberikan sumbangsi dan harapan bagi pemerintah daerah

“Bintek yang dilakukan, merupakan upaya akselerasi atau percepatan layanan Goverment,”sebut Ubro dalam sambutanya

Operator dapodik adalah jantung data pada setiap satuan pendidikan, hakekat pelaksanaan bimbingan teknis operator dapodik adalah sebagai upaya untuk menigkatkan pengalaman serta kapasitas operator.

Dengan demikian dapat mewujudkan kualitas data dapodik pada setiap satuan pendidikan yang benar – benar valid, akurat dan akuntabel.

Selain itu kata Sekda, juga harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai. Dan untuk diketahui, kalau pelaksanaan bimtek operator dapodik, bersumber dari DPA Dinas Pendidikan tahun anggaran 2024.

Publish by (Melky_JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *