Pelaksanaan RPJMDES dan MUSREMBANGDES TA. 2024 di Desa Pasar Baru Malintang, Kec. Bukit Malintang, Kab. Mandailing Natal

Mandailing Natal – 24 Januari 2024 – jurnalpolisi.id

Pada hari Selasa, 24 Januari 2024, di Desa Pasar Baru Malintang, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal, telah diselenggarakan Rapat Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) dan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSREMBANGDES) untuk tahun anggaran 2024. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Kepala Desa.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Camat Mahdi Gultom, S.Pd, beserta Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) A. Jamali Batubara dan staf, Danramil 12 Siabu Letda Inf Marahotma Nasution beserta jajaran, Kapolsek Siabu AKP J Nasution dan anggotanya, Kepala Puskesmas Bukit Malintang Ilham Andhika beserta staf, KUA (Staf), pemuka agama dan adat, serta masyarakat.

Pembangunan desa, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Permendagri, melibatkan bidang penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa.

Dalam penjelasan mengenai Program Dana Desa yang diperuntukkan dalam membangun dan meningkatkan perekonomian desa, dibahas secara rinci dalam RPJMDES. Kegiatan ini diatur sesuai dengan Undang-Undang Permendagri No. 114 tahun 2014 dan diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan dalam perencanaan pembangunan desa.

Camat Bukit Malintang dalam sambutannya mengingatkan agar para pengelola anggaran desa lebih berhati-hati. Dana desa merupakan uang negara yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan tujuan utama untuk membangun desa dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Pentingnya mengutamakan kebutuhan prioritas desa dalam penggunaan dana desa menjadi sorotan utama dalam arahan Camat.

Demikianlah rangkaian acara RPJMDES dan MUSREMBANGDES di Desa Pasar Baru Malintang, menjadi langkah awal yang sangat penting dalam memastikan pembangunan desa berjalan sesuai dengan rencana dan kebutuhan masyarakat setempat.

Kabiro Mandailing Natal – Icukjp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *