Kerajinan Tikar Pandan di Desa Makeruh Kecamatan Rupat.

Bengkalis – jurnalpolisi.id

Objek Destinasi wisata Pantai yang terdapat di Pulau Rupat salah satunya Pantai Makeruh di Desa Makeruh, disamping menikmati suasana pantai makeruh,namun disana terdapat pula masyarakat membuat Tikar pandan dengan memanfaatkan bahan baku yang banyak tersedia di Desa Makeruh dan sekitarnya.

Hasil kerajinan Tikar pandan memiliki potensi untuk dikembangkan bukan saja dalam bentuk tikar, namun dapat dibuat menjadi topi pandan dan juga kipas pandan,untuk hal ini sudah barang tentu diperlukan pelatihan dan pembinaan kepada para pengrajin oleh pihak yang terkait nantinya.

Pengembangan produk kerajinan dari masyarakat pengrajin tikar pandan dalam bentuk lain diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk membelinya sebagai oleh-oleh mengunjugi pantai makeruh dan harapannya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pengrajin tikar pandan, pengembangan jenis produk pengrajin tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan minat dari calon pembeli nantinya, misalnya ke pantai perlu memiliki topi pandan pada saat akan turun dan bermain dipantai untuk menghindari terik matahari di pantai nantinya.

Soivenir dalam bentuk topi pandan dan kipas pandan dilihat dari kepraktisannya disamping harganya lebih memiliki peluang bilamana dibandingkan dengan menawarkan tikar pandan kepada para pengunjung di pantai makeruh.

Dalam perspektif produksi dari pengrajin memungkinkan pengunaan bahan baku dan waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya lebih cepat bila dibandingkan dengan membuat tikar pandan dalam berbagai ukuran nantinya,sementara dari sisi permodalan usaha kerajinan memungkinkan berkerjasama dan bermitra dengan Bumdes, sedangkan untuk pemasaran peluang untuk bekerja sama dengan pemilik warung yang terdapat disekitar pantai makeruh.

Namun yang tak kalah pentingnya bantuan dan dukungan dari pemerintah Desa dalam mempromosikan dan membantu pemasarannya.sebab bagaimanapun bicara wisata salah satu diperlukan ketersediaan souvenir yang memiliki ciri khas yang ada dengan harapan menimbulkan minat pengunjung dan wisatawan untuk memilikinya. Semoga harapan ini kedepan terwujud pada saat mengunjungi Pantai Makeruh di Desa Makeruh Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis.

Salam Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *