Berkah pedagang ikan gurami malam tahun baru

Banyuwangi – jurnalpolisi.id

Menjelang perayaan tahun baru 2024, keberkahan dirasakan para pedagang ikan gurami di sukopuro kecamatan srono. Dusun Sukorejo Desa sukomaju. Kebiasaan masyarakat menghabiskan malam tahun baru dengan bercengkrama dan menyiapkan santapan ikan bakar bersama kerabat seperti menjadi tradisi pada malam pergantian tahun.

Sebab itu, para pedagang ikan laut dan ikan tawar di daerah setempat diburu pelanggan untuk persiapan bakar-bakar ikan malam tahun baru.

Salah satu pedagang ikan di dusun sukorejo, srono, Banyuwangi. Kholil biasa di panggil bedu.(40) tahun. mengaku permintaan masyarakat menjelang tahun baru. “Permintaan mulai banyak apalagi menjelang 1-2 hari sebelum tahun baru, meningkat sekitar 50 persen,” ungkapnya saat ditemui, Sabtu(30/12/2023).

Ikan laut yang paling dicari untuk dikonsumsi adalah Kakap dan Kerapu, sedangkan ikan air tawar yaitu Gurami dan Nila.

Harga ikan di pasar meningkat seiring dengan banyaknya permintaan. Pantauan di pasar harga ikan Gurame Rp 50 ribu, Nila Rp 35 ribu, Kakap Rp 80 ribu, Kerapu Rp 80 ribu, Cumi Rp 65 ribu, dan Udang mulai Rp 40-80 ribu tergantung ukuran.

Sementara pedagang musiman terompet menjelang tahun baru juga meraup untung. Selama seminggu terakhir basuni. berjualan di jalan Banguwangi-jember.

Setiap harinya ia dapat menjual 15 hingga 20 terompet. Rata-rata Rp 250.000 dapat ia bawa pulang tiap harinya. Menurutnya penjualan akan terus meningkat hingga pergantian malam tahun baru 2023-2024.

Selama dua tahun belakangan penjual terompet tahun baru sepi pembeli. Bahkan dagangan terompet sama sekali tidak laku saat itu. “Sekarang sudah banyak yang beli, kalo dulu Covid pada takut keluar tahun baruan. Yang beli mulai dari anak-anak juga orangtua,” kata basuni.

Ia memilih tidak menjual terompet berbahan kertas namun berbahan plastik. Karena menurut pengalamannya, terompet kertas mudah rusak bila terkena air hujan.

Terompet yang ia jual memiliki bentuk dan ukuran yang bermacam-macam. Mulai terompet tiup biasa hingga terompet model pompa. Paling murah, terompet dagangannya dijual seharga Rp 10.000 dan termahal Rp 30.000.

Begitu juga para pedagang ikan sebelum hari/malam pergantian sudah banyak yang memesan ikan hingga banyak yang kecewa tidak mendapatkan ikan.sabtu 30-12-2023.

(Basuni jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *