Yayasan Mentari Meraki Asa (YMMA) Langkat bersama dengan multi sektor melaksanakan Konferensi Pers dengan para jurnalis

Langkat – jurnalpolisi.id

membahas Penanggulangan Tuberkulosis di Kabupaten Langkat yang diselenggarakan di Stabat Seafood, Senin 18 Desember 2023.
Pertemuan ini dihadiri dari beberapa pihak diantaranya Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Langkat, Koalisi Profesi (KOPI) TB Kabupaten Langkat, RSU Putri Bidadari, Puskesmas Stabat , SR Sumatera Utara, YMMA Kabupten Langkat dan beberapa media seperti Metro 24, Jurnal Polisi, Media Cetak 24 Jam, Inti Pos dan Buser 24.
Berdasarkan Global TB Report 2022, Indonesia merupakan negara dengan beban TBC tertinggi kedua di dunia setelah India. WHO memperkirakan 969.000 kasus TBC di Indonesia dengan angka notifikasi saat ini yaitu 717.941 kasus. Penyakit Tuberkulosis atau disebut juga dengan TBC masih menjadi masalah kesehatan serius di seluruh dunia yang tak kunjung usai, Termasuk di Indonesia dimana kasusnya masih terus meningkat dan telah memakan banyak korban jiwa.

Ikhsan WJ selaku Kepala SSR YMMA Langkat menyampaikan bahwa pasien terus-menerus akan bertambah dan kegiatan eliminasi TB terkhusus di Sumatera Utara dipercepat 2028 jadi kita bekerjasama antara Dinas Kesehatan, Layanan Kesehatan, lintas sektor dan YMMA bersama-sama untuk terus bersemangat juga dalam mendampingi pasien TB.
Pada pembukaan kegiatan acara kali ini disampaikan oleh Program Staf YMMA Sumatera Utara Novita Sari bahwasanya dengan adanya kegiatan konferensi pers ini kita dapat menyebarluaskan informasi mengenai TBC ini sehingga masyarakat lebih mengetahui dan kerjasama antara yayasan dengan dinas kesehatan serta lintas sektor menjadi jejaring yang lebih luas dalam penemuan kasus.

Kegiatan yang dilakukan oleh YMMA Kabupaten Langkat pada jejaring Layanan TB di Fasilitas Kesehatan Pemerintah-Swasta Berbasis Kabupaten/Kota atau District-Based Public-Private Mix (DPPM) antara lain pelacakan kasus pada pasien yang tidak kembali melakukan pengobatan setelah diagnosis atau masih dalam pengobatan lebih dari 2 bulan atau disebut dengan Loss to follow-up (LtFU). Pencapaian penemuan kasus LtFU pertahun 2023 yaitu sebanyak 12 orang dimana 1 pasien mau kembali memeriksakan ulang dan kembali melakukan pengobatannya di Puskesmas Desa lama
Kabid P2P Dinas Kesehatan Langkat dr Azhar Zulkifli menyampaikan bahwa Dinas akan terus melakukan terobosan prioritas seperti peningkatan Investasi Kontak dan Penemuan Kasus dimana ini merupakan prioritas kita dalam penemuan kasus semakin meningkat.

Adapun pencapaian yang dilakukan oleh Komunitas yaitu Yayasan Mentari Meraki Asa Kabupaten Langkat untuk tahun 2022 sebanyak 730 orang dengan positif TBC ditemukan dari 1.426 terduga yang terjaring oleh YMMA Langkat. Tahun 2022 sudah terlaksana Investasi Kontak sebanyak 169 indeks. Tahun 2022 sebanyak 3.310 orang telah dilakukan skrining dan edukasi serta Tahun 2022 sebanyak 596 orang pasein pasein telah didampingi oleh YMMA Langkat. Kegiatan ini berhasil dilakukan dengan adanya kinerja keras oleh para kader TB YMMA Langkat yang tersebar di Kabupaten Langkat.

YMMA sudah melakukan kerjasama dengan beberapa layanan kesehatan khususnya layanan kesehatan swasta seperti Rumah Sakit, Klinik dan DPM yang telah melakukan MOU dengan Dinas Kesehatan kabupaten Langkat untuk penanganan DOTS/TBC, antara lain yaitu RS Umum Delia, RS Umum Putri Bidadari, RS Umum Mahkota Bidadari, RS Umum Wampu Norita, RS PTPN II, Klinik Doa Ibu, Klinik Mitra ND, Klinik Pratama Dahlia dan Klinik Adhisma Husada.

Dalam mempercepat penanggulangan TBC, pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2021 tentang Penanggulangan Tuberkulosis. Sesuai amanat Perpres tersebut bahwa harus terbentuk Tim Percepatan Penanggulangan TBC (TP2TB) di pemerintah pusat dan daerah dalam rangka koordinasi percepatan Penanggulangan TBC. Dimana SK TIM Percepatan di Kabupaten Langkat dalam proses pengesahan untuk segera terbentuk. YMMA Langkat sudah memasukkan surat permohonan audiensi kepada plt Bupati Langkat dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat dan lintas sektor seperti Tokoh Mayarakat Kabupaten Langkat dan KOPI TB Langkat.
Tokoh Adat Melayu Tengku Chandra Hardi selaku Raja Kejuruan Stabat menyampaikan bahwa kita sebisa mungkin melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait informasi mengenai TBC dengan melibatkan tokoh adat, tokoh agama serta pemuda sehingga tercapainya eliminasi TB 2023 di Indonesia. Kita juga tidak hanya terfokus dengan pemberian obat-obatan pada pasien namun kita juga perlu memperhatikan gizi dari para pasien. Dalam hal pembentukan SK Tim Percepatan Eliminasi TB di langkat kita terus berkoordinasi kepada plt Bupati Kabupaten Langkat mengenai pembahasan SK ini, namun belum mendapatkan waktu yang tepat dikarenakan pembahasan ini juga memerlukan waktu yang cukup dikarenakan ini berkaitan dengan pengesahan dari SK tersebut.
KOPI TB Langkat dr Andi Sulaiman Sp.p menyampaikan bahwa harapnya kita dapat bisa berkontribusi dengan saling berperan dalam penanggulangan TB khususnya di kabupaten Langkat.

TBC merupakan salah satu penyakit menular dimana stigma pada masyarakat tentang penyakit TBC masih membanyak sehingga membuat masyarakat yang memiliki gejala enggan memeriksakan penyakitnya, hal ini dapat memperburuk kondisi pasien tersebut, pasien terlambat dalam didiagnosis, tidak patuh berobat, atau putus pengobatan. Dengan adanya stigma tersebut secara tidak langsung dapat mengakibatkan penyebaran TBC yang lebih luas di masyarakat terkhusus penyebaran disekitar orang yang terduga TBC, karena adanya stigma dimasyarakat juga menjadi penghambat pemenuhan kasus terduga TBC. Stigma di masyarakat juga membuat pasien yang positif TBC masih ada beberapa yang mendapatkan perlakuan kurang baik dilingkungannya sepeti ditolak dari pergaulan, sulit mendapatkan pekerjaan hingga dapat kehilangan pekerjaannya, hal ini membuat daya tahan tubuh dan kondisi psikologis pasien semakin menurun.
MK DPPM YMMA Langkat Muhammad Hendri Irawan menyampaikan bahwa kita sebisa mungkin menggandeng lintas sektor dan memasukkan surat audiensi seperti ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (PM) Langkat dengan harapan kedepannya kita bisa berkolaborasi mencakup penanggulangan TBC di desa-desa sehingga peningkatan skrining dan penemuan kasus di desa-desa semakin meningkat.
Staf program YMMA Langkat Riki Reza menyampaikan bahwa harapan kedepannya anggaran desa untuk kesehatan bisa mencakup penanggulangan kesehatan yang lainnya. Dimana TB ini juga masuk dalam penanganan kesehatan di tingkat desa dan merupakan prioritas utama dalam penanggulangan nya.

Penanggulangan penyakit TBC merupakan salah satu penyakit yang menjadi prioritas pemerintah sehingga peran lintas sektor sangat diperlukan untuk menanggulangi penyakit ini. Komitmen Indonesia untuk mencapai eliminasi TBC pada tahun 2030 sangat besar. Target yang diharapkan tercapai pada tahun 2030 adalah Insiden Rate TBC 65/100.000 penduduk dengan angka kematian 6/100.000 penduduk. Dengan adanya kolaborasi ini diharapkan pemenuan kasus TBC dapat semakin meningkat sehingga eliminasi bebas TBC di Sumatera Utara 2028 dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan target.(Sahrul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *