Pelantikan Pramuka Garuda 1167 Siswa Anggota Kwartir Ranting Bantarsari, Cabang Kwartir Cilacap.

Cilacap – jurnalpolisi.id

        

Kamis 23 Nopember 2023, “Dilantiknya Jadi Pramuka Garuda, 1167 Siswa Anggota Pramuka Kwartir Cabang Cilacap, Di kwartir Ranting Bantarsari.

Pelantikan Pramuka Garuda Sebanyak 1167 anggaota siswa yang terpilih Se’Kecamatan Bantarsari dari tingkat SD,SMP,SMA telah dilantik menjadi Pramuka Garuda (Golongan Siaga, Penggalang, dan Penegak), acara bertempatan di lapangan Rawajaya.

Untuk menjadi Pramuka Garuda harus bisa berikan Vibes Positif, melalui tahapan yang cukup panjang, yakni dari Siaga Mula, Siaga Bantu, Siaga Tata Kemudian juga harus melalui tahapan penilaian yang dilakukan tim khusus yang terdiri dari unsur Kwartir Ranting, Gugus Depan, Orang tua, dan tokoh masyarakat.

Dalam acara lantikan Pramuka Garuda
dihadiri Pj Bupati Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, diikuti oleh ratusan orang antara lain terdiri dari unsur kepala sekolah Se’Kecamatan Bantarsari, bersama jajaran Forkopincam, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Bantarsari, IKMAL, A.Ma.Pd, Camat Bantarsari Drs.Hari Winarno,M.Si, Kapolsek Bantarsari Iptu Sugeng beserta anggotanya, Babinsa Koramil 09 Kawunganten Serma Suwarno.

Dalam pembukaan acara Awaluddin Muuri selaku Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Cilacap mengatakan, “Pelantikan merupakan salah satu wujud keseriusan Kwarcab Cilacap dalam menghasilkan generasi muda yang lebih berkarakter unggul. “Dengan menjadi Pramuka Garuda, seorang anggota Pramuka akan memiliki kulitas dan kemampuan di atas rata-rata, dan harus bisa menjadi teladan bagi lingkungan sekitar,” katanya saat memberikan sambutan.

Awaluddin Muuri menambahkan, “Bahwa Pramuka Siaga yang terlantik berasal dari gugus depan yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap baik SD,Ml,SMP ataupun SMA. Dengan adanya pelantikan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Cilacap melalui pembinaan di Gerakan Pramuka. “Pencapian ini tidak berhenti hanya sampai garuda hijau, tapi kelak bisa mencapai pramuka garuda perak atau pramuka garuda pandega,” tambahnya.

Menjadi Pramuka Garuda menurut Awaluddin Muuri, bukanlah hal yang mudah, Perlu perjuangan dan pengorbanan sepenuh hati, Bukan hanya sekedar terlantik menjadi garuda hijau, tapi benar-benar menjadi contoh positif dan inspirator bagi lingkungan sekitar untuk menjadi lebih baik dari peserta “Ke-1167 siswa yang sudah terlantik, akan nantinya berlaga di kegiatan Pesta Siaga Cabang yang akan datang, jelasnya.

Di samping acara Pelantikan Pramuka Garuda juga acara peletakan batu pertama pembangunan Sanggar Pramuka Kwartir Ranting Bantarsari dilakukan oleh Awaluddin Muuri, selaku Bj.Bupati Kabupaten Cilacap, Kamis (23/11/2023).

Diwaktu yang sama IKMAL, A.Ma.Pd, selaku Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Bantarsari berstefment, “Semangat Gerakan Pramuka yang ada di Cilacap untuk semakin aktif meraih prestasi-prestasi yang lain.

“Semoga apa yang dilakukan Pramuka ini bisa menginspirasi generasi muda yang lain untuk berbuat berkarya berprestasi untuk Kabupaten Cilacap,”harapannya.

(Syaifulloh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *