Pemdes Jatidowo Bangun TPT Sungai, Antisipasi Terjadinya Erosi dan Terkikisnya Embong Sungai

Tulungagung,- jurnalpolisi.id

Pemerintah Desa Jatidowo kecamatan Rejotangan kabupaten Tulungagung wujudkan bidang pelaksanaan pembangunan desa dengan kegiatan pembangunan Talud Penguatan Tangkis (TPT) Sungai.

Pembangunan talud ini dalam rangka mengantisipasi longsor dan untuk menstabilkan kondisi tanah dimusim hujan, serta menahan tekanan lateral air sehingga tanah tidak menyebabkan bangunan diatasnya runtuh.

Kepala desa Jatidowo, Saipul Munip, S. Ag mengatakan pembangunan talud ini menggunakan sumber anggaran dari Dana Deaa Tahun 2023. “Panjang 100 meter, tinggi 3,8 meter, lebar bawah 0,60 dan lebar atas 0,40 meter,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Saipul Munip menambahkan talud tersebut untuk menahan pergerakan tanah. “Pergerakan tanah ini apalagi tanah embong/tanah di area sepanjang sungai umunya gampang bergerak disebabkan terkikis/erosi oleh air hujan, karena debit air yang tinggi dan datang nya banjir. Jadi talud ini berhasil diaplikasikan pada area tersebut berdampak pada pengurangan resiko longsor, erosi bahkan jebolnya embong,” papar Saipul Munip

Saipul Munip berharap pembangunan talud ini bisa memberikan kenyamanan bagi warga desa Jatidowo. “Dan manfaat nyata bagi masyarakat bisa memberikan rasa nyaman, aman karena tidak ada lagi kekawatiran akan terjadi nya pergerakan tanah, erosi dan jebol akibat terkikisnya embong sungai,” tutup Saipul Munip.

( Hari jpn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *