WARGA DESA MIDAR ANTUSIAS IKUTI SOSIALISASI DAN EDUKASI PENCEGAHAN KEBAKARAN

Prabumulih – jurnalpolisi.id

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan lakukan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Pencegahan Kebakaran melalui Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat tahun 2023 dilaksanakan di kantor Desa Midar 15/11/2023.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi masyarakat dalam pencegahan kebakaran dibuka langsung oleh Plt. KASI TRANTIB kecamatan Gelumbang kabupaten Muara Enim. Kegiatan sosialisasi dan edukasi dilaksanakan dan diikuti oleh masyarakat desa Midar dan desa Teluk Limau kecamatan Gelumbang kabupaten Muara Enim.

Pranata Pemadam Kebakaran M. Riswan
Petunjuk teknis pencegahan kebakaran yang disampaikan langsung pemateri dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kabupaten Muara Enim. Dalam kegiatan itu, para peserta dikenalkan dengan cara dan teknik pencegahan kebakaran seperti menghindari pemasangan steker listrik bertumpuk, kemudian menggunakan alat listrik sesuai dengan standar yang berlaku, cabut regulator tabung gas jika bepergian, tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala, penanganan dengan karung basah saat kebakaran pada kompor gas dan lain sebagainya termasuk larangan untuk membakar sampah.

Tugas pokok Dinas pemadam kebakaran bukan hanya mengatasi kebakaran akan tetapi sebagai penyelamatan bagi masyarakat, Persan serta masyarakat dalam pencegahan dan mengatasi kebakaran harus tahu sumbernya. Sangat ditekankan adalah bahaya dari kreativitas dalam penggunaan kompor Gas yang bocor dengan mengganti karet regulator atau regulator nya dengan yang baru dan jangan di akal-akali dengan alat yang lain sehingga bisa menimbulkan kabakaran. Setiap desa harus mempunyai pompa portabel berfungsi untuk membantu ketika ada kebakaran. Akhir kegiatan dilakukan simulasasi penanganan kebakaran.

Kepala Desa Midar Sumnani sangat menyambut baik kegiatan sosialisasi dan edukasi pencegahan kebakaran yang dilaksanakan oleh dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kabupaten Muara Enim, sehingga bisa menambah wawasan bagi Masyarakat desa Midar dan masyarakat desa Teluk Limau.

Salah satu warga desa Midar kecamatan Gelumbang kabupaten Muara Enim Ibu Subaida ketika berbincang dengan awak media menyampaikan, menyambut baik kegiatan sosialisasi dalam pencegahan kebakaran. “Sosialisasi ini sangat penting, terutama bagi kami ibu-ibu. Sebab dengan materi yang disampaikan kami jadi lebih mengerti hal-hal yang harus dilakukan untuk meminimalisir kasus kebakaran, ( Hadi Y)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *