PKS PT. LTS Desa Lingga Tiga Di Demo Forum Masyarakat Bersatu

Labuhan Batu – jurnalpolusi.id

Forum Masyarakat Bersatu Desa Lingga Tiga Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu Provinsi Sumatera Utara, Rabu ( 1/11/2023) mengadakan aksi unjuk rasa kepintu gerbang Pabrik Kelapa Sawit ( PKS) PT. LTS ( PT. Lingga Tiga Sawit)

Untuk menjaga terjadinya anargis, Aksi demo tersebut mendapat pengawalan ketat dari personil Polres Labuhan Batu dan Polsek Bilah Hulu.

Dalam orasinya kordinator aksi tersebut mempamarkan surat edaran para pengunjuk rasa, atas persetujuan bersama Hari Sabtu 27 Oktober 2023 , berbunyi, kami selaku warga masyarakat Desa Lingga Tiga merasa dibohongi, karena selama perusahaan berdiri tidak ada efek positif yang diberikan perusahaan pada warga masyarakat.

Seharusnya dengan berdirinya perusahaan tersebut dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Adapun hasil kesepakatan pihak perusahaan dengan warga masyarakat setempat sebagai berikut.

1 Perawatan dan perbaikan pabrik yang menimbulkan polusi asap adalah tanggung jawab pihak perusahaan senantiasa dapat merawat dan menjaga lingkungan sesuai dengan undang undang yang berlaku di negara NKRI.

2 Masalah kerusakan atas rumah / seng yang diakibatkan polusi udara dan abu, sehingga mengakibatkan kebocoran, dan akan dilihat secara bersama sama pihak peruhaan dan Kepala Desa dengan perjanjian akan diperbaiki dengan jarak 150 meter dari perusahaan PT. LTS.

3 Konpensasi untuk kesejahteraan lingkungan Dusun Janji Lobi akan diberikan paket sembako sesuai dengan jumlah kepala keluarga, pada saat hari Raya Aidul Fitri sekali setahun.

4 Mengenai jalan yang berlokasi disamping PKS menuju Dusun Janji Lobi seberang akan diperbaiki pihak perusahaan.

5 PT LTS akan memberikan dana CSR kepada Desa Lingga Tiga untuk pembangunan prasarana dan kepentingan umum sesuai dengan kesepakatan.

6 Dalam hal penerimaan karyawan PT. LTS akan memaksimalkan masyarakat Dusun Janji Lobi menjadi karyawan sesuai dengan kebutuhan kreteria tenaga kerja pada pengelolaan minyak goreng, namun semua itu oleh perusahaan diabaikan begitu saja, ujar salah seorang warga Desa Lingga Tiga yang tidak mau disebut namanya.

Penulis berita

Syafruddin. As

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *