Jalin Hubungan Kerjasama, P3A Desa Cihanjuang Dan Desa Padaasih Gelar Kerja Bakti Sekaligus Syukuran Di Curug Penganten

BANDUNG BARAT, jurnalpolisi.id

Dalam rangka memenuhi dan mendukung sarana irigasi pemenuhan kebutuhan air untuk Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Desa Cihanjuang Kecamatan Parongpong dan Desa Padaasih Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan kerja bakti pembersihan dan perawatan saluran irigasi di Curug Penganten, Minggu (29/10/2023).

Pada kegiatan itu turut hadir Kepala Desa Cihanjuang Gagan Wiramah yang diwakili oleh Sekretaris Desa Cihanjuang Aep Gojali, Kepala Desa Padaasih Deden Mujijat bersama jajaran, Kaur PAM Ops Penerangan Kodam lll Siliwangi Letda Infanteri Asep Darlis, Babinsa Desa Cihanjuang Serda Wawang Gunawan, tokoh masyarakat dan sejumlah Pengurus P3A Desa Cihanjuang dan P3A Desa Padaasih.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Cihanjuang Gagan Wiramah menyampaikan, bahwa pengurus P3A Desa Cihanjuang dan pengurus P3A Desa Padaasih gelar kegiatan kerja bakti.

“Alhamdulillah pada hari ini, pengurus P3A Tirta Makmur bekerjasama dengan pengurus P3A Desa Padaasih untuk melaksanakan kegiatan kerja bakti. Dimana kerja bakti itu untuk pembersihan selokan yang membagi antara dua wilayah, yaitu Desa Padaasih dan Desa Cihanjuang,” ujarnya.

Mengingat pada musim kemarau ini, sambung Gagan Wiramah yang juga menjabat sebagai Sekjen APDESI KBB mengatakan, para petani khususnya di dua Desa tersebut sangat membutuhkan air.

“Nah ini, makanya diadakan kerjasama antara dua pengurus P3A, selain melaksanakan kerja bakti, dalam kegiatan itu juga melakukan pembagian air supaya merata ke semua desa. Jangan sampai ada yang terlalu besar, dan ada yang kecil dalam pemanfaatan airnya, jadi harus merata saja disesuaikan dengan debit air atau kondisi air yang ada,” jelasnya.

Lebih lanjut Gagan menyampaikan, bahwa selain menjalin hubungan kerjasama dan menggelar kegiatan kerja bakti, dua Pemerintah Desa dan pengurus P3A Desa Cihanjuang dan Desa Padaasih juga melaksanakan syukuran.

“Alhamdulillah pada hari ini kita melaksanakan selamatan, selamatan air. Intinya kita berdoa kepada Allah bahwa Allah telah memberikan anugerah yang begitu besar untuk kehidupan pada warga masyarakat, sekalian selamatan untuk kesejahteraan bersama,” ucapnya.

Sosok Kepala Desa yang berwibawa, santun dan ramah itu yang digadang-gadangkan oleh masyarakatnya untuk maju di Pilkada KBB tahun 2024 nanti berharap, kegiatan ini bermanfaat untuk kelanjutan pemanfaatan air di wilayah dua desa tersebut.

“Dimusim kemarau panjang ini air sangat dibutuhkan oleh warga masyarakat, namun ingat selokan juga sangat perlu ada perawatan. Kalau tidak dirawat oleh kita, oleh siapa lagi, terutama oleh para petani yang ada di dua desa ini. Mudah-mudahan sangat-sangat bermanfaat,” katanya.

Dilokasi kegiatan, hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Padaasih Deden Mujijat.

“Alhamdulillah, pada hari ini kami bersama pengurus P3A Desa Padaasih maupun Desa Cihanjuang dengan adanya kegiatan tasyakur bii nikmat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah salah satu tujuannya untuk mensejahterakan air yang ada di Desa Cihanjuang dan Desa Padaasih, supaya diantara dua desa ini saling mendukung,” ucapnya.

Apabila ada kekurangan dalam pemanfaatan air di Desa Cihanjuang, dikatakan olehnya, Desa Cihanjuang bisa pinjam ke Desa Padaasih, begitu juga sebaliknya.

“Apalagi sekarang sudah kemarau panjang dan kami tidak mengharapkan diantara dua desa, terutama di pemakai air antara petani dan petani ada masalah kedepannya. Jadi betul-betul ini untuk mempersatukan sekaligus mensejahterakan kedua belah Desa dalam pemanfaatan air,” terangnya.

Diakhir wawancara eksklusif Deden Mujijat berharap, dengan adanya kegiatan ini, kedepannya Desa Cihanjuang dan Desa Padaasih bisa mensejahterakan masyarakat petani.

“Walaupun saat dalam keadaan kemarau, dengan adanya silaturahmi dan jalinan kerjasama ini, diharapkan tidak pernah terjadi ada masalah dikemudian hari, dan mudah-mudahan air ini mencukupi untuk kepentingan warga masyarakat di dua desa,” tutupnya.**(DRIVANA).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *