Penanganan kebakaran Gunung Merbabu, Kapolres Semarang koordinasi bersama Forkopimda.

Semarang – jurnalpolisis.id

Kejadian kebakaran hutan Taman Nasional Gunung Merbabu yang berada di wilayah Kec. Getasan Kab. Semarang, masih terus diupayakan penanganan pemadamannya oleh Forkopimda Kab. Semarang.

Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra SIK. MM., Sabtu 28 Oktober 2023 bersama sejumlah PJU Polres Semarang dan Kapolsek Getasan Iptu Ari Parwanto, menyambangi posko relawan BRC (Batur Reaksi Cepat) di Dsn. Selongisor Ds. Batur Kec. Getasan.

Hadir pula Bupati Semarang H. Ngesti Nugraha SH. MH., serta Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf. Ade Pribadi Siregar SE. MSi., perwakilan Dirjen KSDAE (Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem) bapak Satyo Widyatmoko, Kepala seksi balai Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) wilayah I ibu Chomsiatun  serta BPBD Kab. Semarang dan relawan gabungan Kab. Semarang.

“Hari ini Polres Semarang bersama Kodim 0714/Salatiga, Pemerintah Kab. Semarang, instansi terkait dan relawan gabungan melakukan konsolidasi tentang strategi bertindak penanganan kebakaran hutan Gunung Merbabu.” Ungkapnya.

Kapolres juga menyampaikan bahwa titik api sebenarnya sempat berkurang di Dsn. Sokowolu Ds. Batur maupun Dsn. Gedong Ds. Tajuk Kec. Getasan, namun karena hembusan angin yang kencang membuat titik api kembali muncul.

“Api muncul kembali di Dsn. Sokwolu, Ngaduman, Thekelan, Ngelelo Ds. Batur dan di Dsn. Gedong Ds. Tajuk Kec. Getasan. Hal ini dikarenakan angin yang masih kencang meniup wilayah sekitar TNGM, serta kendala geografis lokasi yang curam dan terjal. Ada kurang lebih 100 Ha lahan hutan Gunung Merbabu yang mengalami kebakaran.” Tambahnya.

AKBP Oka juga menyampaikan bahwa di Dsn. Ngaduman Ds. Batur dan Dsn. Gedong Ds. Tajuk tim gabungan sedang bersiaga untuk mengantisipasi api merembet masuk ke wilayah pemukiman warga, dengan dibekali dengan alat pemadam seadanya diantaranya tangki air portable.

“Ada sekitar 7 Balita, 7 anak anak, 12 Remaja, 62 Lansia yang di evakuasi menggunakan Ambulance ke Balaidesa Batur. Hal ini dikarenakan kepulan asap dari kebakaran hutan, telah masuk ke wilayah pemukiman di Ds. Batur. Sehingga tim gabungan mengupayakan evakuasi secepatnya ke lokasi yang lebih aman, yaitu Balai desa Batur. Polres Semarang saat ini telah menerjunkan 75 Personil yang disiagakan di beberapa titik, terdiri dari 1 Pleton Dalmas, Polsek Getasan dan Polsek sekitar wilayah Kec. Getasan.” Ungkap kembali AKBP Oka.

Senada dengan Kapolres, Dandim Letkol Ade dan Bupati Semarang H. Mgesti Nugraha menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kemanusiaan, sehingga koordinasi lintas Instansi sangat diperlukan guna keberhasilan penanganan kebakaran hutan kali ini.

Koordinator liputan Jateng DIY Muchyidin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *