Pemkab Kendal Bersama Pimpinan Ponpes Ziarah ke Makam Ulama

Kendal – jurnalpolisi.id

Pemerintah Kabupaten Kendal bersama para pimpinan pondok pesantren di Kabupaten Kendal melaksanakan ziarah ke makam para ulama Kendal, Kamis (19/10/2022).

Ada tiga makam Wiliyullah yang diziarahi, diantaranya makam Sunan Abinawa yang berlokasi di Desa Pekuncen Kecamatan Pegandon, makam KH. Hasyim Asy’ari yang berlokasi di Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan, dan makam Simbah Wali Gembyang yang berlokasi di Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal.

Acara ziarah dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Sugiono, M.T., dan turut hadir Ketua MUI Kendal, KH. Asroi Tohir, Ketua FKUB Kendal, KH. Idris Nor, Pimpinan Pondok Pesantren Al Uswah Kaliwungu sekaligus Ketua PCNU Kendal, KH. Mustamsikin, pimpinan Baznas Kendal, dan diikuti oleh para kepala OPD Kendal, camat setempat beserta Forkopimcam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Suginono usai acara menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangakaian Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023, yaitu untuk mengenang kembali semangat perjuangan para ulama terdahulu agar menjadi motivasi bagi para generasi-generasi berikutnya.

“Jadi semangat perjuangan para tokoh Kabupaten Kendal terdahulu, tentang bagaimana perilakunya, dan sifat keteladanannya ini harus bisa dicontoh oleh para santri,” tutur Sekda Kendal

Ketua MUI Kendal, KH. Asroi Tohir menambahkan, bahwa mendoakan para tokoh ulama ini menjadi salah satu untuk menyambung sanat keilmuan santri ke guru-gurunya terdahulu agar tidak putus ditengah jalan, termasuk mendokan KH. Hasyim Asy’ari atau Kiai Guru di Kaliwungu ini.

“Para santri harus selalu takdim terhadap para ulama dan para kiai, yang tentunya kemajuan Kabupaten Kendal ini tidak lepas dari kontribusi dari para kiai dan para ulama terdahulu,” tutur KH. Asroi Tohir.

Sedangkan, KH. Mustamsikin juga menyampaikan, bahwa ziarah ini untuk mendoakan para ulama sebagai bentuk ucapan terima kasih para santri terhadap para pendahulu dan nantinya bisa meniru perjuangan yang luar biasa yang sudah dilakukan untuk kemajuan bangsa dan negara.

Diskominfo/DK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *