Tutup TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2023, Dandim Batang Bacakan Amanat Pangdam IV/Diponegoro

Batang, jurnalpolisi.id

Program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun Anggaran 2023 Kodim 0736/Batang resmi ditutup. Penutupan dilaksanakan dengan gelaran upacara di Lapangan Desa Pesalakan, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Kamis (19/10/2023).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman dan Komandan upacara Danramil 05/Reban Kapten Inf Winarno. Dengan dihadiri PJ. Bupati Batang yang diwakili Kadispermades Drs. Rusmanto M.Si., Kapolres Batang diwakili Wakapolres Kompol Raharja, SH., Kajari diwakili Kasubsi Intel Ari Sulistijono, Ka Kemenag Kab. Batang Ahmad Farkhan, Dan Posal TNI AL Kapten Laut (S) Mukklis, Danramil jajaran dan Muspika Kecamatan Bandar, Kades Pasalakan Rapini beserta Perangkat Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda serta Warga Masyarakat Desa Pasalakan.

Upacara penutupan TMMD dilaksanakan secara serentak jajaran Kodam IV/Diponegoro dengan tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” ini diawali dengan laporan singkat hasil pelaksanaan TMMD oleh Pasi Teritorial Kodim 0736/Batang Kapten Inf Setiyono, dan dilanjutkan penyerahan naskah hasil kegiatan TMMD oleh Komandan Kodim 0736/Batang kepada PJ Bupati Batang atau yang mewakili.

Dandim Batang selaku Inspektur upacara, dalam kesempatan itu membacakan amanat Panglima Kodam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono, menyampaikan bahwa program TMMD yang telah dilaksanakan selama lebih dari 8 dekade ini merupakan salah satu Program Bakti TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan dan daerah terpencil.

Tentu saja TNI, dalam hal ini Kodam IV/Diponegoro, tidak dapat bergerak sendiri tanpa dukungan semua pihak. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada para prajurit, anggota Polri, Pemerintah Daerah, dan masyarakat yang selama kurang lebih satu bulan telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke-118 Tahun Anggaran 2023.

Saya berharap program TMMD ini juga dapat dijadikan sebagai momentum yang tepat untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong seluruh komponen bangsa, sekaligus untuk mewujudkan kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat, sejalan dengan tema TMMD ke-118 tahun 2023 kali ini yaitu “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”.

Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum guna peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian TNI bersama seluruh unsur di wilayah kepada bangsa dan negara.

Pada tahun ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar TMMD Reguler di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah antara lain Kabupaten Brebes, Purworejo, Kendal, dan Wonogiri. Selain empat Kabupaten tersebut, seluruh Kodim jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung sebagai wujud tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara menyeluruh.

Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi saya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat, yang telah bekerja secara maksimal sehingga sasaran fisik TMMD berupa pembangunan dan perbaikan infratruktur dapat diselesaikan tepat waktu.

Selain sasaran fisik juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik berupa penyuluhan seperti kesadaran bela negara, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, etika budaya politik, kesehatan, pertanian, pendidikan, Wasbang, Narkoba, keagamaan, KB Kesehatan, lingkungan hidup, pengetahuan kemandirian pengelolaan SDM dan SDA, pelayanan publik dan ketahanan pangan, penanganan Stunting, Posyandu dan kegiatan bakti sosial.

Setelah upacara penutupan selesai dilanjutkan dengan peninjauan hasil pelaksanaan program TMMD dan penguntingan pita tanda jalan yang menjadi sasaran utama TMMD Sengkuyung Tahap III Kodim 0736/Batang sudah dapat digunakan untuk kepetingan umum.

Doni Kurniawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *