Lanal Dumai Gagalkan Penyelundupan 4 Kilogram Sabu Asal Malaysia di Pulau Rupat

Riau –  jurnalpolisi.id

Tim Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Dumai menggagalkan penyelundupan narkoba jaringan internasional asal Malaysia. Sebanyak 4 kilogram sabu diamankan dari perairan Teluk Lecah, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Selasa (12/9/2023) lalu.

Saat pengejaran dilakukan oleh tim Lanal Dumai, satu dari dua kurir sempat membuang tas berwarna hitam ke laut. Ternyata isi tas tersebut merupakan sabu dengan berat berisi 4.908 gram.

Dari penyelidikan sementara, kedua kurir dibayar seorang bandar berinisial Y-P. Kedua kurir diduga menjemput sabu dari Malaysia. Petugas kini masih mengejar dan mencari keberadaan Y-P.

Kedua kurir dibayar sebesar Rp 50 juta. Mereka juga dierikan kapal cepat sarana kendaraan laut untuk menjemput sabu tersebut.

Usai penangkapan, barang bukti sabu dan kedua pelaku yang berperan sebagai kurir dibawa ke Kantor BNN Riau untuk menjalani proses hukum.

Selanjutnya, sabu dimusnahkan setelah diuji cepat dan diyakini sebagai narkotika golongan satu.

Sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan ke dalam air panas dan dicampur dengan zat kimia, kemudian di buang ke selokan.

Pemusnahan barang haram tersebut dipimpin langsung oleh Kepala BNN Riau, Brigjen Pol Robinson Siregar, Kamis (21/9/2023) disaksikan oleh segenap unsur terkait.

Robinson menegaskan, upaya pencegahan dan penindakan narkoba memang harus melibatkan semua unsur terkait, termasuk partisipasi masyarakat.

“Apalagi pantai wilayah Riau sangat panjang. Koordinasi dan kerjasama semua pihak sangat diharapkan,” kata Robinson.

Kabiro Panca SITEPU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *