Apresiasi ! Dr.H.Syaiful,MKM Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai sosialisasikan Program UHC

Dumai – jurnalpolisi.id

Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai Bapak Dr. H.Syaiful ,MKM menjelaskan program UHC kepada masyarakat Kota Dumai bahwa masyarakat atau warga Kota Dumai mendapatkan jaminan kesehatan dimana saja dan kapan saja.

Universal Health Coverage (UHC) merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif dan bermutu dengan biaya terjangkau.
Kota Dumai juga salah satu daerah di Provinsi Riau yang mendapat predikat UHC oleh pemerintah pusat.

Atas pencapaian tersebut Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Kesehatan melakukan pertemuan guna mensosialisasikan secara cepat , pencapaian Program UHC dalam kurun waktu beberapa bulan berhasil mencakup 98 persen masyarakat.

“Setiap masyarakat Dumai berhak mendapatkan program UCH dan jaminan kesehatan dimana saja dan kapan saja membutuhkan pelayanan kesehatan baik di dalam maupun di luar kota,” jelas Syaiful.

Untuk mensukseskan program UCH tersebut, Pemerintah Kota Dumai mengalokasikan dana pada tahun 2022 sebesar 38 miliar dan pada tahun 2023 APBD Murni sebesar 30 miliar .

Dr.H. Syaiful, MKM menjelaskan bahwa alokasi tersebut berhasil diserap sebanyak 100 persen dengan pembiayaan setiap bulannya dan 98 persen untuk masyarakat yang sudah mendapatkan jaminan kesehatan (BPJS).

“Untuk warga Dumai yang membutuhkan layanan kesehatan diluar kota dan belum memiliki jaminan kesehatan akan difasilitasi dengan cara menghubungi JKN Centre dengan pelayanan prima dan langsung bisa dinikmati oleh masyarakat,” pungkasnya.

Atas pencapaian hampir 100 persen UHC tersebut, Pemerintah Kota Dumai berhasil meraih Penghargaan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/03 ) silam.

Dengan berhasilnya Program UHC tersebut, Wapres RI mengapresiasi komitmen Pemda, khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kota Dumai sendiri sangat komit terhadap bidang kesehatan, salah satunya dibuktikan dengan realisasi Khidmat Kesehatan yang manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat Kota Dumai.
Maka dari itu, Pemko Dumai sukses mencapai cakupan Semesta Jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage.

Terhitung sejak 1 Maret 2023, sebanyak 323.892 jiwa penduduk Kota Dumai telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 331.445 jiwa atau sebesar 97,72%.

Dengan demikian artinya, hampir seluruh warga masyarakat di Kota Dumai telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan Kesehatan dan fasilitas kesehatan.

Penulis : Fitri / Wakaperwil Riau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *