PJ.Bupati Cilacap Paparkan kapasitas Kader Posyandu Organisasi Wanita Dan Pencegahan Penanggulangan Stunting

Cilacap – jurnalpolisi.id

       

PJ.Bupati Kabupaten Cilacap Yunita Dyah Suminar, SKM, M.Sc, M.Si, beserta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah fraksi PDI.P TAUFIK NURHIDAYAT, beliau melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke kecamatan Petimuan dan Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap, meninjau program pencegahan penanggulangan stunting peningkatan kapasitas kader posyandu Organisasi wanita. Dalam kunjungannya, ia juga memberikan paket bantuan kepada balita untuk mencegah risiko stunting yang masih banyak terjadi di Indonesia.

Tiba di kecamatan Bantarsari, Selasa (12/9/2023), jam 12:30 wib, kehadiran beliau disambut oleh dari unsur forkopimca, Danramil 09/Kawungnte Kapten Sutarman Kapolsek Bantarsari Iptu Sugeng
yang sudah menunggu Dilokasih acara Pondopo kecamatan Bantarsari.

Dikesempatan acara Pj.Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, SKM, M.Sc, M.Si, memaparkan, “Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar bagi ibu, bayi, dan anak balita. Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu tidak lepas dari peran kader. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat, terangnya.

Diwaktu yang sama PJ.Bupati Cilacap menambahkan, “Kader posyandu berperan untuk meningkatkan derajat masyarakat. Tugas dan fungsinya memiliki peran aktif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab organisasi atau kelompok, seperti menjadi pemimpin, anggota aktif, atau pengurus. Mereka memiliki komitmen untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan organisasi atau kelompok, serta berkontribusi dalam kegiatan dan program yang dijalankan. “Kader Posyandu adalah pejuang demi membantu negara menyehatkan mayarakat “Tambahnya.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Cilacap TAUFIK NURHIDAYAT dari fraksi PDI.P juga mengisi waktunya diacara tersebut memaparkan, Pencegahan stunting sangat penting dalam menanggulangi faktor penyebab dan penanganan stunting. salah satu inovasi yang dilakukan yaitu memberikan edukasi kepada kader mengenai pencegahan dan penanganan stunting, paparnya.

(Syaifulloh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *