Masyarakat minta bupati selesaikan segera sengketa pilkades di desa huta damai panyabungan utara

Mandailing natal – jurnalpolisi.id

Pilkades serentak di desa huta damai kec. Panyabungan utara terjadi sengketa yang diduga akan berbuntut panjang. Terkait penandatangan keputusan rapat yang di gelar pada tanggal 17 agustus 2023. Yang dihadiri dari para calon kepala desa, BPD dan panitia pilkades.

Pilkades serentak tahun 2023 di desa huta damai memiliki 756 DPT dan di ikuti 3 calon kepala desa. Diantara no urut 1. Albert paulus. Shb. Perolehan suara 273. No urut 2. Tuppak mamora. Perolehan suara 72. Dan no urut 3. Agus marlampos. M. Perolehan suara 244. Pelaksanaan pilkades di laksanakan pada 21 agustus 2023.

Jauh sebelum pelaksanaan pilkades di desa huta damai, panitia pilkades, BPD dan para calon kepala desa mengadakan rapat pada tanggal 17 agustus 2023. Hasil rapat yang di gelar yaitu. 1. DPT B. / Daftar pemilih tetap bertambah sebanyak 24 orang. Dengan menunjukan identitas penduduk. 2 Tatib pemungutan suara. 3. Tatib penghitungan suara. Dan 4. Hal – hal yang dianggap penting. Hasil rapat dan menjadi kesepakatan para peserta calon kepala desa yaitu; “tidak boleh menggunakan uang untuk mendapat kan suara dalam arti kata money politik atau sogok / suap. Dan jika ada di temukan, maka calon nya akan di diskualifikasi atau gugur sebagai calon kepala desa.

Pernyataan dan hasil rapat tersebut di tanda tangani masing – masing calon kepala desa serta di bubuhkan materai 10000. Dan di tanda tangani panitia pilkades juga BPD di sertakan nya stempel. Menanggapai hal ini masyarakat meminta kepada bupati kab. Mandailing natal, agar menindak lanjuti sengketa pilkades di desa huta damai. Masyarakat juga memohon kepada bupati agar segera memanggil para calon kepala desa guna mediasi dan secepatnya membuat kebijakan yang terbaik bagi pemerintah daerah dan juga masyarakat.
Icuk jp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *