Babinsa 0321-05/RM dan Penghulu Patroli Antisipasi Karhutla di Pematang Damar

BANGKO PUSAKO – jurnalpolisi.id

Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 05/RM Kodim 0321/Rohil, Praka Kusheryanto bersama Penghulu Pematang Damar Aslim Siregar melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi pencegahan karhutla di wilayah Kepenghuluan Pematang Damar, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil, dengan titik coordinat : N 1°33’56.1744″ E 100°41’45.6072″, Jumat (11/8/2023).

Kegiatan patroli untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah tersebut.

“Karena masih musim kemarau, hari ini kita melibatkan pihak desa bersama-sama melakukan patroli mengantisipasi Karhutla,” kata Danramil 05/RM, Kapten Arh Iswandi Sikumbang melalui Praka Kusheryanto kepada Jurnal Polisi Idusai kegiatan, Jumat (11/8/2023).

Dikatakan Praka Kusheryanto selain melakukan patroli,pihaknya juga rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak Karhutla. Hal tersebut juga sesuai perintah pimpinan Kodim 0321 Rohil agar masing-masing Koramil dapat lebih peka terhadap situasi di lapangan.

“Untuk mencegah terjadinya Karhutla juga perlu kesadaran masyarakat, terutama dalam membuka lahan pertanian, untuk tidak dengan cara dibakar terutama dilahan gambut. Karhutla bisa terjadi tidak hanya saat musim berladang, tetapi ada beberapa penyebab lainnya seperti membakar sampah di lahan gambut atau juga bisa melalui puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau.”

“Hingga saat ini belum terjadi Karhutla, di wilayah pematang Damar,” pungkas Kusheryanto.

Sementara itu, Kepala Desa Pematang Damar, Aslim Siregar mengimbau agar masyarakat mengantisipasi Karhutla, karena saat ini cuaca cukup panas dan musim kemarau.

“Yang perlu kita cegah dan antisipasi bencana alam karena cuaca tidak menentu, sekarang ini cuaca panas dan kemarau rawan terjadinya Karhutla. Kita imbau warga waspada dengan karhutla,” tukas Aslim.

Kabiro Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *