Dorong Pembangunan Terpadu Wakil Presiden RI Beri Dukungan Dalam Pembangunan Di Teluk Bintuni

Jakarta – jurnalpolisi.id

Dalam Menindak lanjuti kunjungan Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin ke Distrik Babo Beberapa waktu Lalu, Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, M.T didampingi Kepala Bappeda Dr. Alimuddin Beddu, M.M, dan Kepala Dinas PUPR Tommy Tulak menggelar pertemuan bersama Staf Wapres RI Dr. Velix Vernando Wanggai, SIP, MPA, di Park Hyatt Hotel, Jakarta Sejak Kamis 10/8/2023.

Tujuan Pertemuan itu untuk mengakselerasi pembangunan terpadu di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat karena Wakil Presiden RI sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Koordinasi Terpadu Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua Dan Papua Barat.

Kata, Salah Satu Deputi Wakil Presiden Velix Wanggai dalam keterangannya kepada Awak Media mengatakan Bahwa, Wapres Ma’ruf Amin memberikan apresiasi tinggi terhadap komitmen Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dalam mendorong percepatan pembangunan di kawasan tersebut.

“ Wakil Presiden RI melihat potensi strategis dan ekonomis dari Teluk Bintuni yang dapat berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Papua secara keseluruhan “.

Lebih Lanjut ia Menyebutkan Meskipun di satu sisi terdapat paradoks antara potensi ekonomi dan status daerah tertinggal, Wapres RI menegaskan komitmennya untuk mendukung pembangunan di Teluk Bintuni. Ungkap Wanggai

Menurutnya, pertemuan ini menjadi langkah awal dalam mendorong koordinasi dan integrasi program pembangunan Teluk Bintuni. Dalam “Intregritit Teluk Bintuni Development Program,” sektor unggulan berupa kawasan industri Teluk Bintuni akan menjadi fokus utama.

Rencananya, pembangunan akan mencakup sektor-sektor pendukung seperti konektivitas udara, akses jalan darat, konektivitas melalui laut, serta pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi dan keterampilan.

Pemerintah pusat, melalui Sekretariat Wakil Presiden akan bekerja sama dengan lembaga lintas kementerian, pemerintah provinsi, dan kabupaten untuk mengakselerasi pembangunan terpadu di Teluk Bintuni. Rencananya, langkah-langkah akan diambil untuk sinkronisasi regulasi, perencanaan program, aspek dukungan pendanaan, dan penguatan ekonomi wilayah secara menyeluruh.

Kunjungan tersebut Bupati Teluk Bintuni dua Periode itu, Mendapatkan apresiasi atas upayanya dalam menggerakkan sektor unggulan dan branding kabupaten.

Hal itu telah mendapat perhatian Nasional Melalui program dan pembangunan nasional, termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional RPJM Nasional dan proyek-proyek strategis Yang Di Genjot selama ini. Tutupnya

(Buce JPN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *