Karhutla Terjadi di Daerah yang Sulit Dijangkau di Tiga Kabupaten, BPBD Riau Kerahkan Tiga Helikopter Water BoombingHelikopter Water Boombing.

PEKAN BARU, jurnalpolisi.id

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai terjadi di beberapa wilayah Riau. Namun beberapa diantaranya terjadi di daerah yang sulit dijangkau terutama di tiga kabupaten.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau telah melakukan aksi pemadaman di tiga kabupaten; Rokan Hilir, Pelalawan, dan Bengkalis dengan mengerahkan tiga unit helikopter water boombing.

Kepala BPBD Riau, M Edy Afrizal saat dikonfirmasi Suara LpkpkRiaucom, Rabu (2/8/2023) mengatakan, kondisi terkini Karhutla di tiga wilayah tersebut sedang dilakukan pemadaman.

“Untuk di tiga lokasi yang terjadi Karhutla yakni di Rokan Hilir, Pelalawan dan Bengkalis, kami melakukan pemadaman menggunakan helikopter water boombing,” ujar Edy.

Kesulitan akses menjadi alasan utama penurunan helikopter tersebut. “Di Pelalawan itu dekat sungai Kampar, di Rohil jauh dari pemukiman, dan di Mandau Bengkalis itu cukup sulit untuk diakses sehingga diperlukan pemadaman menggunakan helikopter,” tambahnya.

Mitsubishi Desktop
BPBD Riau telah mengajukan penambahan unit helikopter water boombing kepada pemerintah pusat. “Kami masih menunggu kiriman satu unit helikopter water boombing lagi. Saat ini, helikopter tersebut masih menunggu sparepart. Kemungkinan dalam waktu dekat akan segera dikirimkan,” jelasnya.

Dengan adanya tambahan, maka akan ada empat unit helikopter water boombing dan tiga unit helikopter patroli yang beroperasi di Riau. “Jika sudah datang, maka akan ada empat helikopter water boombing dan tiga unit helikopter patroli di Riau,” pungkas Afrizal.

Kabiro. Panca Sitepu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *