Kanwil Kemenag Provinsi Sumbar Gelar Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bersama Komisi VIII DPR RI

Bukittinggi – jurnalpolisi.id

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan Penguatan Moderasi Beragama bersama Komisi VIII DPR RI, Kamis ( 27/07/2023) di Hotel Royal Denai Bukittinggi.

Kegiatan yang di ikuti 50 orang peserta terdiri dari Pengurus FKUB, Penyuluh Agama Islam, Penghulu dan ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi.

Dan di buka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi.

Hadir pada kegiatan Penguatan Moderasi ini H. Jhon Kenedy Aziz, Anggota Komisi VIII DPR RI sekaligus sebagai narasumber, Muhammad Taufik (Dosen UIN Imam Bonjol Padang.

Ketua Rumah Moderasi Beragama UIN Imam Bonjol)juga sebagai narasumber, Ketua Tim KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Tan Gusli dan Kasubbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, Hj. Tri Andriani Djusair

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, Helmi mengatakan bahwa Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat selama ini terus berupaya memberikan pelayanan prima dan menciptakan suasana yang sejuk dengan melakukan pembinaan.

Pelopor dan penguatan moderasi beragama bagi ASN, tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat. “Alhamdulillah selama ini kita di Sumatera sudah merasakan iklim kesejukan, kerukunan dan damai dalam menjalankan roda kehidupan.

Sehingga tugas kita tinggal menjaga dan merawat kerukunan yang diwariskan pendahulu kita,” tuturnya,”

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat ini mengharapkan Moderasi Beragama agar jangan salah tafsir. Jadikan momentum untuk terus menggalang kesatuan dan persatuan.

mengukuhkan agama dan adat. ” Kita yakin semua unsur tungku tigo sajarangan dan tigo tali sapilin akan menjadi kekuatan dahsyat dalam menopang keutuhan dan kerukunan di lingkungan masyarakat kita Sumatera Barat khususnya di Kota Bukittinggi,” katanya lagi.

Sementara itu Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi sangat berterimakasih dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini dapat terlaksana di Kota Bukittinggi.

“Terimakasih kasih kami sampaikan kepada bapak Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan Penguatan Moderasi Beragama ini di Kota Bukittinggi.

Moderasi beragama bukan berarti moderasi agama, yang dimoderatkan adalah pola pikir dalam menjalankan Agama, ada orang beragama yang di istilahkan exstrim kanan, ada juga yang exstrim kiri.

Dalam Moderasi Beragama bagaimana kita bersikap dalam nuansa pertengahan di istilahkan dengan moderat. Kita berharap tokoh-tokoh yang hadir bisa satu pemahaman tentang Moderasi Beragama,” harap. (Syafrianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *