79 Bakal Calon Penghulu Ikuti Tes Baca Al Qur’an dan Pemahaman Agama

Bagansiapiapi – jurnalpolisi.id

Sedikitnya 79 peserta bakal calon penghulu mengikuti tahapan penyaringan dengan mengikuti tes membaca Al-Qur’an bagi beragama Islam dan pemahaman agama bagi non Islam. Tes membaca Alquran dan pemahaman agama bagi non Islam dilanjutkan tes wawancara yang dilaksanakan di aula kantor Perkim Rohil. Selanjutnya tahapan pencoblosan pilpeng akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2023 di 25 kepenghuluan di 12 kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini dijelaskan Panitia pelaksana, Sugianto kepada wartawan ketika dijumpai, Senin (24/07/2023) ketika pelakaanaan tes membaca Al Qur’an terhadap bakal calon penghulu di aula Perkim Rohil Jalan Purna MTQ komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi.

Dia menjelaskan bahwa dalam tahapan tes membaca Al Qur’an ini panitia melibatkan ahli dari Kemenag Rohil sedangkan tes wawancara melibatkan akademisi.

“Para peserta dipanggil satu persatu dengan durasi tes paling lama 10 menit per peserta. Diperkirakan dalam satu hari sebanyak 79 orang selesai,”tutur Sugianto yang adalah Kabid Pemerintahan desa di Dinas Pemberdayaan Masyrakat Desa Rokan Hilir (PMD Rohil).

“Tadi tes mengaji sudah selesai. Besok tes tertulis dan dilanjutkan dengan Wawancara.. setelah itu baru pengumuman,. Paling lambat tanggal 2 Agustus 2023 pengumumannya,”ucap Sugianto.

Dalam pelaksanaan tes bacapeng tersebut, bupati Rokan Hilir menyempatkan hadir untuk membuka dan melihat para bakal calon penghulu mengikuti tahapan penyaringan pilpeng gelombang pertama di kabupaten Rokan Hilir. Tampak juga sekdakab Rohil dan kepala OPD dilingkungan pemdakab Rohil.

“Disini kami tegaskan tadi ada beberapa hal yakni pertama kenetralitasan dari seluruh panitia, juga Pj penghulu kita ingatkan agar dapat netral sehingga dapat terwujudkan bahwa inilah betul betul demokrasi dalam pemilihan penghulu (pilpeng). Kita mengharapkan inilah pilihan masyarakat. Hasil suara masyarakat itu. Makanya kami tegaskan betul kami tim monitoring pilpeng ini. Mudah mudahan berjalan dengan baik dan lancar sesuai aturan aturan yang ada”tutur bupati Rohil Afrizal Sintong, S.Ip memungkasinya.

Kabiro Panca Sitepu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *